KAJIAN ATRIUM PADA BANGUNAN BERTINGKAT SEBAGAI PEREDUKSI KEBISINGAN ( Kompilasi Perbandingan Antara Observasi di Lapangan Dengan Simulasi Program Komputer)

Widiastuti, Santi (2004) KAJIAN ATRIUM PADA BANGUNAN BERTINGKAT SEBAGAI PEREDUKSI KEBISINGAN ( Kompilasi Perbandingan Antara Observasi di Lapangan Dengan Simulasi Program Komputer). Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2898Kb

Abstract

Akustik bangunan merupakan faktor penting dalam perancangan arsitektura I pada bangunan untuk mengendalian kebisingan yang berlebihan dalam bangunan untuk memperoleh kondisi suara yang ideal didalam maupun diluar ruangan. Salah satu upaya pengendalian kebisingan dalam bangunan adalah dengan menerapkan disain atrium yang tepat sebagai pereduksi kebisingan. Tujuan utama penelitian adalah untuk mengetahui fungsi atrium sebagai pereduksi kebisingan terutama pada bangunan bertingkat untuk memperoleh kenyamanan akustikal. Pengambilan data dilakukan selama 48 jam meliputi koefisien serapan ruang, tingkat tekanan bunyi maupun faktor mikroklimat bangunan. Analisa data dilakukan berdasarkan selisih tingkat tekanan bunyi yang terjadi pada atrium antara siang hari dengan malam haft serta membandingkan kebenaran nilai reduksi melalui program simulasi komputer. Hasil penelitian membuktikan bahwa atrium mereduksi tingkat tekanan bunyi ± 8% terhadap kebisingan pada JI. Pawiyatan pada siang hari serta cenderung meningkat pada malam hart. Sirnulasi program komputer merupakan perangkat disain untuk merencanakan disain atrium terutama dalam bangunan bertingkat untuk memperoleh kondisi suara yang ideal dalam bangunan. (kaia kitnci : Perancangan arsitektural, Atrium, Pengendalian kebisingan, Penyerap kebisingan, Program simulasi)

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
ID Code:12024
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:27 May 2010 12:27
Last Modified:27 May 2010 12:27

Repository Staff Only: item control page