PENGARUH ESTETIKA KEONGAN ATAP TERHADAP KENYAMANAN FISIK RUMAH TINGGAL TROPIS LEMBAB (Studi Kasus Rumah Tinggal di Real Estat Daerah Pantai Semarang)

Setiawan A, Stephanus (1997) PENGARUH ESTETIKA KEONGAN ATAP TERHADAP KENYAMANAN FISIK RUMAH TINGGAL TROPIS LEMBAB (Studi Kasus Rumah Tinggal di Real Estat Daerah Pantai Semarang). Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
4Mb

Abstract

Pembangunan fisik kota Semarang semakin marak dengan tumbuhnya bangunan-bangunan baru, baik berupa gedung seperti perkantoran, pertokoan, rumah tinggal, maupun dalam bentuk bangunan gedung lainnya. Penyebaran bangu¬nan-bangunan gedung baik berupa gedung bertingkat banyak hingga bangunan rumah tinggal, terdapat pada beberapa zona tertentu yang memberikan warna keindahan tersendiri pada wilayah bersangkutan. Real estat merupakan salah satu zona tatanan rumah tinggal yang berkembang cukup pesat. Berbagai bentuk dan gaya mewarnai bermacam-macam rumah tinggal di real estat Semarang yang merupakan kota tropis lembab sesuai dengan letak geografis Indonesia pada 6° Lintang Utara dan 11° Lintang Selatan. Dalam usaha mengatasi iklim tropis lembab sangat bervariasi. Dan salah satunya adalah pembuatan elemen lubang udara pada penutup atap bangunan rumah tinggal yang disebut sebagai keongan. Awalnya keongan diharapkan' dapat membantu kenyamanan fisik penghuni dengan usahanya mengatasi iklim seperti; memasukan cahaya terang langit dan menolak radiasi matahari, mengalirkan udara untuk menurunkan suhu dan mengurangi kelembaban dalam ruangan atap, yang akan turun melalui plafon maupun media lain ke ruang dibawahnya dan juga sebagai fungsi segi non fisik. Beberapa bentuk dan macam keongan pada real estat daerah pantai Semarang diambil sebagai obyek penelitian pengaruh estetika keongan terhadap kenyamanan fisik rumah tinggal tropis lembab, karena daerah pantai merupakan daerah yang penguapan air (air laut) lebih besar dan kelembabannya lebih tinggi akibatnya suhu lebih panas dari daerah lainnya. Pengukuran suhu udara, kelembaban dan perhitungan secara matematis tentang masuknya melalui transmitansimaterial yang digunakan karena pengaruh radiasi matahari, akan mengetahui seberapa jauh usaha para pengembang memperhatikan masalah kenyamanan dengan hadirnya bentuk¬bentuk keongan pada rumah tinggal tropis lembab di real estat daerah pantai Semarang dewasa ini. Kenyataan pada real estat daerah pantai Semarang, banyak terdapat penampilan estetika keongan hanya merupa¬kan elemen estetis saja tanpa memperhatikan fungsi seba¬gai usaha menanggulangi iklim tropis lembab. Penggunaan material atau bahan keongan hanya sebatas tampilan indah tanpa memperhatikan fungsi sebagai elemen estetika seka¬ligus sebagai media untuk menanggulangi iklim tropis lembab, bahkan dapat menambah panasnya ruangan dalam atap karena bahan yang digunakan lebih mudah memungkinkan radiasi matahari masuk kedalam ruang atap (material kaca tanpa/ dengan penyerap panas).

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Architecture
ID Code:11815
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:26 May 2010 13:28
Last Modified:26 May 2010 13:28

Repository Staff Only: item control page