ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PENGECER : Sebuah Studi Terapan Pada Pengecer Produk Televisi Merek Sharp di Semarang

NUGROHO, SILVIA EKO (2004) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PENGECER : Sebuah Studi Terapan Pada Pengecer Produk Televisi Merek Sharp di Semarang. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
3203Kb

Abstract

This research is conducted based on the difference opinion in research gap perspectives about satisfaction which influence loyalty. To achieve loyalty, a retailer needs a satisfaction and company reputation. The factors which influence retailer satisfaction are : the ability salesforce, product quality and promotion support. The study on relevant literatures has been developed to produce a model consist of the 5 hypothesis and 18 observation variables which were tested using the Structural Equation Modelling (SEM) with Goodness-of-fit criteria and hypothesis using AMOS 4.0 program over the data which were obtained through questioners filled in by Sharp brand Television product retailer in Semarang and the amount of samples which met the requirement were processed there are 103 samples. Based on the confirmity result it show that no difference between matrix covariant sample and the estimated matrix covariance and 18 variables are the dimension of the latent observation. Based on the full model SEM , it show that all criteria of Goodness¬of-fit has been achieved all hypothesis are accepted arid significant at level 5% . In conclusion, the variable which has the most influence ori retailer satisfaction in the ability of salesforce, and followed by promotion support variable and product quality. Then, the variable which has the most influence on retailer loyalty is the company reputation followed by retailer satisfaction. Penelitian ini dilakukan atas dasar perbedaan pendapat pandangan penelitian research gap mengenai kepuasan dalam mempengaruhi loyalitas. Untuk mencapai loyalitas pengecer memerlukan kepuasan dan reputasi perusahaan, faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengecer ada beberapa hal yaitu : kemampuan tenaga penjual, kualitas produk dan dukungan promosi. Telaah atas literatur-literatur yang relevan telah dkembangkan untuk menghasilkan suatu model yang terdiri dari 5 hipotesis dan 18 variabel observasi yang diuji menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan kriteria Goodness-of¬fit serta pengujian hipotesis yang dilakukan dengan program AMOS 4.0 atas data yang diperoleh melalui pengisian kuesioner kepada para pengecer produk Televisi merek Sharp di Semarang dan jumlah sampel yang memenuhi syarat untuk diolah ada 103 buah. Berdasarkan hasil konfirmatori telah ditemukan tidak terdapatnya perbedaan antara matriks kovarian sampel dan matriks kovarian populasi yang diestimasi dan 18 variabel observasi secara signifikan merupakan dimensi dari variabel latennya. Dari analisis full model SEM, menghasilkan semua kriteria goodness-of-fit dapat dipenuhi dan menghasilkan semua hipotesis diterima dan signifikan dengan taraf signifikansi 5%. Kesimpulan penelitian ini yaitu variabel yang paling mempengaruhi kepuasan pengecer adalah kemampuan tenaga penjual, kemudian diikuti variabel dukungan promosi dan kualitas produk. Dan variabel yang paling mempengaruhi loyalitas pengecer adalah reputasi perusahaan kemudian diikuti kepuasan pengecer.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:11630
Deposited By:Mr UPT Perpus 5
Deposited On:25 May 2010 16:47
Last Modified:25 May 2010 16:47

Repository Staff Only: item control page