ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNGGULAN KOMPETITIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah)

WAHYONO, HENDRO (2004) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNGGULAN KOMPETITIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah). Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .

[img]
Preview
PDF - Published Version
2726Kb

Abstract

ABSTRACT The company gain competitve advantage by implementing of internal strenght strategy, responding opportunity environment, netralizing external threat and avoiding its external weaknesses. Competitive advantage is a position reach from superior performance of the company. The company successful to adapt in industrial pre condition will survive and vice versa. The purpose of this research is to lest the influences of factors to improve competitive advantage and special competency. These are the following influences: (I) influence of merk equity on competitive advantage, (2) influence of effective communication on competitive advantage, (3) influence of product innovation on competitive advantage and (4) influence of competitive advantage on special competency. Population of the study was employees of/he company. The study used purposive sampling with following criterias: (I) employee of PT: Bank BPI) Aiwa Tengah with a position of branch manager or higher level and (2) the working period was already 5 years. The iota( sample was 189 employees. Confirmatory /lector analysis in STs'A4 was used to confirm dominant factory in a variable group. Regression weight in ac;RAI was used to observe inter variables relation. 71w analysis was underwent using AMOS 4.01. This empirical discovery indicated that in order to raise competitive advantage and special competency, the company's management should focus on factors such as merk equity, effective communication and product innovation. Theoretical implications and suggestions fin- future research have been elaborated at the end of this study. Key words: merk equity, effective communication, product innovation, competitive advantage, special competency, confirmatory factor analysis, regression weight, A AMA' 4.01 ABSTRAK Perusahaan mendapatkan keunggulan kompetitif melalui pelaksanaan strategi yang memanfaatkan kekuatan internal, merespon peluang lingkungan, menetralkan ancaman eksternal dan menghindari kelemahan internal mereka. Keunggulan kompetitif merupakan posisi atas kinerja superior yang diperoleh oleh perusahaan Perusahaan yang secara sukses dapat menyesuaikan did dengan persyaratan industri atau pasar akan survive dan tumbuh, begitu juga sebaliknya. Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh antara ekuitas merek; komunikasi yang efektif; inovasi produk terhadap keunggulan kompetitif serta pengarult keunggulan kompetitif terhadap kompetensi khusus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Bank BPD Jawa Tengah. Sampel penelitian didasarkan pada purposive sampling dengan kriteria yaitu (I) karyawan setingkat pimpinan cabang pembantu keatas dan (2) telah bekerja pada PT. Bank BPD Jateng minimal 5 tahun. Berdasarkan kriteria-kriteria tersebut maka diperoleh sampel sebesar 189 orang. Teknik analisis yang dipergunakan adalah (I) (*mi/11.1,1(11m.y Facie)). Analysis pada Sli:M yang digunakan 'wink mengkonlirmasikan faktor-faktor yang paling dominan dalam satu kelompok variabel dan (2) Ikgression Weight pada SEM yang digunakan untuk meneliti seberapa besar hubungan antar variabel. Adapun software yang digunakan adalah AMOS 4.01. Hasil penelitian memberikan !mkt i cmpiris baltwa mduk incilingkilikan keunggulan bersaing maka perusahaan palm memperhatikan faktor-fliktor seperti ekuitas merek; komunikasi dim inovasi produk. Dengan meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan pada suatu industri maka akan berdampak pula pada peningkatan kompetensi khusus perusahaan tersebut. Implikasi teoritis dan saran-saran bagi penelitian mendatang juga dijelaskan pada bagian akhir penelitian ini. Kata kunci : Ekuitas merek, komunikasi, inovasi produk, keunggulan bersaing, kompetensi perusahaan, confirmatory factor Analysis regression weight, AMOS 4.01

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:11628
Deposited By:Ms upt perpus3
Deposited On:25 May 2010 16:00
Last Modified:25 May 2010 16:00

Repository Staff Only: item control page