ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR EKSPOR DAN ORIENTASI PEMBELAJARAN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA PEMASARAN EKSPOR (Studi Kasus Pada Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia Komisariat Daerah (Asmindo Komda) Semarang, Jawa Tengah)

SUPAYA , SANDI (2002) ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR EKSPOR DAN ORIENTASI PEMBELAJARAN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA PEMASARAN EKSPOR (Studi Kasus Pada Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia Komisariat Daerah (Asmindo Komda) Semarang, Jawa Tengah). Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .

[img]
Preview
PDF - Published Version
2528Kb

Abstract

Abstract No systematic research has explicitly focused on the impact of a market orientation on international business performanbe (Cadogan, John. W; Diamantopoulos Adamantios; Charles Pahud de Mortanges. 1999: 690), despite calls for such investigation (Selness et al. 1996) and although international operation are increasingly importance for business survival ('Webster and deshpande 1990). The purpose of this research was to analysis problem: "What strategies ware used to imptove export marketing perfonnatice". Base on the problem influence export market orientation and organizational learning orientation to export marketing performance analysed. Data were obtained through survey to Directors and Marketing Managers of Indonesia Furniture Industry and Handicraft Association District Commission or ASMINDO KOMDA Semarang who selected by purposive random sampling. Maximum likelihood estimation and software AMOS are used to estimate SEM result. This research found directly export market orientation and uiganizational learning orientation as determining variable have positive influence export marketing performance significantly. Indirectly organizational learning orientation has positive influence export marketing performanbe significantly. This empirical research demonstrated that firm's organizational learning orientation may be critical in creating a sustainable competitive advantage in the firm. Higher order leaning process support export market orientation and ultimately improve export market performance. These findings is limited, can not generalize to beyond ASMINDO KOMDA Semarang. Abstraksi Tidak ada riset sistimatis yang difokuskan pada pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja bisnis internasional, kecuali Seines 1996 dalam Cadogan, John. W; Diamantopoulos Adamantios; Charles Pahud de Mortanges. 1999: 690), sekalipun penelitian internasional sangat penting bagi kelangsungan hidup perusahaan (Webster 1990 dalam Cadogan, John. W; Diamantopoulos Adamantios; Charles Pahud de Mortanges. 1999: 690). Penelitian ini bertujuan untuk mengatialisis permasalahan: "Strategi apa yang digunakan untuk menaikan kinerja pemasaran ekspor". Berdasarkan permasalahan tersebut dianalisis pengaruh Orinentasi Pasar Ekspor dan Orientasi Pembelajaran Organisasional sebagai variabel penentu terhadap Kinerja Pemasaran Ekspor. Data diperoleh melalui survey kepada para manajer pemasaran dan direktur Perusahaan yang tergabung dalarn Asosiasi Industri Pemiebelan dan Kerajinan Indonesia Komisariat Daerah (ASMINDO KOMDA) Semarang, Jawa Tengah. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik Marilltiffil likelihood estimation dan perangkat lunak AMOS digunakan untuk melakukan estimasi hasil-hasil SEM. Riset menemukan hasil: Orinentasi Pasar Ekspor dan Orientasi Pembelajaran Organisasional sebagai variabel penentu berpengaruh positif dan sign i fikan terhadap Kinerja Pemasaran Ekspor, dan secara tidak langsung Orientasi Pembelajaran berpengaruh positif dan signi fikan terhadap Kinerja Pemasaran Ekspor dengan cam meningkatkan Orinentasi Pasar Ekspor. Flasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pembelajaran organisasional merupakan penopang penting dalam menciptakan keunggula.n kompetitif perusahaan secara berkelanjutan, yaitu dengan melalui peningkatan Orinentasi Ek:.11111 P L (MCS I nil I thelajaran higher order mendukung pcningkatan Orientasi Pasar Ekspor dan pada akhirnya meningkatkan Kinerja Pemasaran Ekspor. Perieliiian ini terbatas, tidak dapat digeneralisasi di luar ASMINDO KOMDA Semarang, Jawa Tengah.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:11618
Deposited By:Ms upt perpus3
Deposited On:25 May 2010 15:42
Last Modified:25 May 2010 18:15

Repository Staff Only: item control page