AZWAN, YUNIL (2004) ANALISIS KETERSEDIAAN ANGKUTAN KOTA PADA PENGGAL JALAN JENDRAL SUDIRMAN DI PUSAT KOTA PALEMBANG. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 3877Kb |
Abstract
Growth of town structure will influence expanding centre of activities especially in downtown. Existence of the centre of activities will generate to awaken that is very influence at traffic in the city (Transportation). Almost every day at certain time, happened of jam at some road link in Palembang City like : Kapten A Rivai Road (In front of R. S Caritas), Letkol Iskandar (From Hero selfservice to International Plaza), Kot Atmo, Muchtar Prabu, Masjid Lama, Jend. Sudirman and still many more. This Traffic jam cause to lessen freshmen user service of transportation. As well as when evaluated from economic side this jam represent an extravagance because much of fuel that is useless castaway cause vehicle run under optimum speed or often desist because stuck. Besides jam will improve environmental pollution. Cause incidence of this traffic jam for example is uneven of growth of vehicle with roadway capacities, added with many city transport compared to requirement and overlapping route at one road link and also indiscipline of city transport driver. Growth offast resident causes the increasing of usage of person or common vehicle to support its mobility. Like in general nations that are expanding. City transport in Palembang have important role in fulfilling requirement of everyday mobility. Most society uses all kinds like financial, physical, etc. Usage of city transport, as passenger publik transport facilities is true directly lessen the amount of person vehicle, but on the other side public transport also generating many problems, evaluated quantitatively, this matter especially happen when imbalance amount of transportation between demand and supply. Seen the condition of service of city transport, presumably needed by effort to know service influence of city transport, evaluated quantitatively to traffic jam in Palembang City. Through this research will know influence of city transport to existing jam, is the jam because of route that is over supply or also traffic system arrangement not good enough to service level of road with quantitative method to approach of transportation. Through this research will know which city transport route that is excess and also on the contrary and how big the routes influence traffic also system which must improve then planned requirement of ideal city transport. Result of this research expected to become input to related side, whether governmental and also private sector in fulfilling city transport in Palembang City. Pertumbuhan struktur kota akan mempengaruhi berkembangnya pusat-pusat kegiatan terutama di pusat kota. Adanya pusat-pusat kegiatan tersebut akan menimbulkan bangkitan-bangkitan yang sangat berpengaruh pada lalu lintas jalan dalam kota. Kota Palembang saat ini telah menghadapi beberapa permasalahan lalu lintas (Transportasi). Hampir setiap hari pada jam-jam tetertentu, terjadi kemacetan pada beberapa ruas jalan di dalam kota palembang seperti: jalan kapten A.Rivai (Depan R.S Caritas), Letkol Iskandar (Dan swalayan hero sampai International plaza), KoL Atmo, Muchtar Prabu, Masjid lama, Jend. Sudirman dan masih banyak lagi yang lainya. Ketidak lancaran lalu lintas ini berakibat mengurangi kenyamanan pengguna jasa transportasi. Dan juga bila ditinjau dari segi ekonomi kemacetan ini merupakan suatu pemborosan karena banyaknya bahan bakar yang terbuang percuma akibat kendaraan berjalan dibawah kecepatan optimum atau seringya berhenti karena macet. Selain itu kemacetan akan meningkatkan polusi lingkungan. Penyebab timbulnya kemaceta lalu lintas ini antara lain tidak seimbangnya pertumbuhan kendaraan dengan kapasitas jalan raya ditambah lagi dengan banyaknya angkutan kota ketimbang kebutuhan dan operlapping trayek pada satu ruas jalan serta tidak disiplinya pengemudi angkutan. Pertumbuhan penduduk yang pesat menyebabkan meningkatnya penggunaan kendaraan pribadi ataupun umum untuk menunjang mobilitasnya. Seperti pada umumnya negara-negara yang sedang berkembang. Angkutan kota di palembang memiliki peran penting di dalam memenuhi kebutuhan mobilitas sehari-hart Sebagian besar masyarakat menggunakan angkutan umum untuk memenuhi mobilitas kebutuhanya dengan alasan yang bermacam-macam seperti financial, fisik DlL Penggunaan angkutan kota, sebagai sarana angkutan umum penumpang memang secara langsung mengurangi jumlah kendaraan pribadi, namun disisi lain angkutan umum sendiri banyak menimbulkan permasalahan, ditinjau secara kwantitatif, hal ini terutama apabila terjadi ketidak seimbangan jumlah angkutan antara permintaan dan penawaran. Dengan melihat kondisi pelayanan anggkutan kota tersebut, kiranya diperlukan upaya untuk mengetahui pengaruh pelayanan angkutan kota, ditinjau secara kwantitatif terhadap kemacetan lalu lintas di kota palembang. Melalui penelitian ini akan diketahui pengaruh angkutan kota terhadap kemacetan yang ada, apakah kemacetan tersebut dikarenakan trayek yang over supply atau juga sisitim pengaturan lalu-lintas yang kurang baik terhadap tingkat pelayanan jalan dengan metode kwantitatif dengan pendekatan transportasi. Melalui penelitian ini akan diketahui trayek angkutan kota mana yang mengalami kelebihan maupun sebaliknya dan berapa besar rute-rute tersebut mempengaruhi lalu lintas juga sistim yang yang harus diperbaiki kemudian direncanakan kebutuhan angkutan kota yang ideal. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi masukan pada bagi pihak-pihak yang terkait, baik pemerintah maupun swasta dalam memenuhi angkutan kota di kota Palembang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Urban and Regional Planning |
ID Code: | 11617 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 1 |
Deposited On: | 25 May 2010 15:40 |
Last Modified: | 25 May 2010 15:40 |
Repository Staff Only: item control page