POTENSI DAN ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PAJAK DAN. RETRIBUSI DAERAH (Studi Kasus di Kota Semarang)

MASROFI, MUHAMAD (2004) POTENSI DAN ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PAJAK DAN. RETRIBUSI DAERAH (Studi Kasus di Kota Semarang). Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2770Kb

Abstract

This research be motivated by reality that tax income and potencial regional retribution in the periode of regional autonomy. Typical of tax and regulation have been changed during last of 20 years, in a row with change the regulation of the tax and regional retribution. That's mean Government of Semarang City must be concentrade for potencial resources of two typical of those. The aim of this research is to be indentified some factors which influence of tax income and regional retribution, also to analyzes what kind of factors which influence income of tax and regional retribution, and to analys typical tax and regional retribution which potencial to develop. Empirical result of this analysis showed that's real variables of PDRB and total people's there has positive correlation and significant to income of tax and regional retribution on Semarang city. But variables inflation and regulation of change (Undang¬undang Nomor 18 Tabun 1997) unsignificant. Beside this, find of research major tax kind category are Tax of Traffic Light, Hotels Tax and Restaurant. But potencial tax category are Poverty Tax. For potencial retribution kind category are Permited Retribution, Hospital Retribution, Clinic and People Healthy Centre, Park Retribution, Rubbish and Clean Retribution Program etc. Penelitian ini dimotivasi dari kenyataan bahwa penerimaan pajak dan retribusi daerah merupakan sumber penerimaan daerah yang potensial dalam era otonomi daerah. Jenis pajak dan retribusi daerah ini juga mengalami perubahan selama kurun waktu 20 tahun terakhir, sejalan dengan perubahan peraturan mengenai pajak dan retribusi daerah. Hal ini. berarti bahwa Pemerintah Kota Semarang hares dapat dengan cermat melihat potensi yang dimiliki dari dua sumber pendapatan daerah ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengarihi penerimaan pajak dan retribusi daerah, menganalisis faktor-falctor apa yang mempcngaruhi penerimaan pajak dan retribusi daerah serta menganalisis jenis pajak dan retribusi daerah yang potensial untuk dikembangkan. Hasil Analisis menunjukkan bahwa variabel PDRB Riil dan jumlah penduduk berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan pajak dan retribusi daerah di Kota Semarang. Scdangkan variabel inflasi dan perubahan peraturan (Undang-undang Nomor 18 Tabun 1997) tidak signifikan. Selain itu basil temuan dari penelitian ini untuk jenis pajak yang dikategorikan prima adalah Pajak Penerangan Jalan, Pajak Hotel dan Restoran, sedangkan yang termasuk jenis pajak potensial adalah Pajak Pembangunan. Untuk jenis retribusi yang dikategorikan potensial adalah Retribusi Pangkalan, Retribusi Ijin Bangunan, Retribusi Rumah Sakit, Balai Pengobatan dan Puskesmas, Retribusi Parkir, Retribusi Sampah dan Kebersihan lainnya

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Economics and Development Studies
ID Code:11603
Deposited By:Mr UPT Perpus 5
Deposited On:25 May 2010 15:07
Last Modified:25 May 2010 15:07

Repository Staff Only: item control page