ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI PENGEMBANGAN INOVASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (STUDI PADA BANK MANDIRI DI JAWA TENGAH)

Pristiwantoro, Firman Agung (2003) ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI PENGEMBANGAN INOVASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (STUDI PADA BANK MANDIRI DI JAWA TENGAH). Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
3668Kb

Abstract

This research has analyzed the influence of customer orientation, competitor orientation, environmental change can give contribution to development inovation that impact the marketing performance Bank Mandiri at Central Java. The survey has done through the questioners to chosen respondents. Respondents are Branch manager/manager in Bank Mandiri central Java. Then the data result of survey has analyzed by using of Structural Equation Modeling technique (SEM) which is explain causality relation between some variables / constructs which are used in this research, The method of collecting data which has done is use of census sampling method. The result of this research expected can give benefit for company to evaluate the factors that influence the marketing performance. Customer orientation having the most effect on the development inovation (C.R. = 3,926), second variable which having an effect to the development inovation is competitor orientation (CR. = 2,823), third variable which having an effect to the development inovation is environmental change (C.R. = 2,030), while the estimation parameter between development inovation and marketing performance is showing the significant result (C.R. = 3,620). This research gives the evidence that costumer orientation, competitor orientation, environmental change can give contribution to development inovation that impact to marketing performance Bank Mandiri. Present study has several limitations namely time, cost and respondent characteristics. Future studies should be aimed at environmental study in broad meaning such us cultural effect on marketing performance, and wider The company environmental. Penelitian ini meneliti pengaruh orientasi terhadap pelanggan, orientasi terhadap pesaing, dan perubahan lingkungan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan inovasi yang berdampak pada peningkatan kinerja pemasaran Bank Mandiri di Jawa Tengah. Survey di lakukan melalui perigisian kuesioner terhadap responden terpilih. Responden adalah pimpinan/pejabat cabang dan cabang pembantu serta kantor kas Bank Mandiri di Wilayah Jawa Tengah. Data hasil survey kemudian di analisis menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM) yang menjelaskan hubungan kausalitas antara beberapa variabel/konstruk yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik sampling yang digunakan adalah sensus yaitu meneliti seluruh anggota populasi yang memenuhi syarat untuk dijadikan sampel. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perusahaan untuk mengevalusi faktor¬faktor yang berpengaruh terhadap kinerja pemasarannya. Dalam penelitian ini orientasi pelanggan memiliki nilai yang paling berpengaruh terhadap proses pengembangan inovasi (C.R. = 3,926), sedangkan variabel kedua yang paling berpengaruh terhadap pengembangan inovasi adalah orientasi terhadap pesaing (CR. = 2,823), variabel ketiga yang berpengaruh terhadap pengembangan inovasi adalah perubahan lingkungan (C.R. = 2,030), sedangkan parameter estimasi antara variabel pengembangan inovasi dengan kinerja pemasaran menunjukkan hasil yang signifikan (C.R. = 3,620). Penelitian ini memberikan bukti bahwa orientasi terhadap pelanggan, orientasi terhadap pesaing, dan perubahan lingkungan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan inovasi yang berdampak pada peningkatan kinerja pemasaran Bank Mandiri di Jawa Tengah. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu kendala waktu, biaya dan karakteristik dari responden. Penelitian mendatang diagendakan pada penelitian lingkungan dalam arti luas antara lain pengaruh budaya dengan kinerja pemasarannya dan lingkungan perusahaan yang lebih luas.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:11563
Deposited By:Mr UPT Perpus 5
Deposited On:25 May 2010 14:17
Last Modified:25 May 2010 14:17

Repository Staff Only: item control page