ANALISIS HUBUNGAN KAUSALITAS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PEMASARAN (Studi Kasus pada Bank Umum di Kota Semarang)

SUSETYO, MOCH TAUFIK EKO (2003) ANALISIS HUBUNGAN KAUSALITAS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PEMASARAN (Studi Kasus pada Bank Umum di Kota Semarang). Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2120Kb

Abstract

Perusahaan dalam rangka mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan merebut pelanggan barn selalu berusaha menghasilkan nilai unggul atau pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan. Keinginan untuk selalu menghasilkan nilai unggul atau pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan mengharuskan perusahaan menciptakan dan memelihara budaya yang dapat mendukung proses tersebut. Budaya yang dapat mendukung perusahaan secara efektif dan efisien dalam penciptaan nilai unggul untuk pelanggan adalah orientasi pasar. Perusahaan yang mengembangkan kemampuan orientasi pasarnya akan meningkatkan kinelja pemasaran dari perusahaan tersebut. Aktivitas pengelolaan intern perusahaan hams mendapat perhatian yang besar dari perusahaan sehubungan dengan strategi pemasaran perusahaan yang berusaha untuk lebih berorientasi terhadap pasar. Aspek-aspek intern perusahaan yang erat kaitannya dengan orientasi pasar antara lain: peran manajemen, keeratan hubungan antar bagian dan derajat desentralisasi. Penelitian ini secara khusus menganalisis pengaruh orientasi pasar terhadap Idneija pemasaran. Penelitian ini juga menganalisis variabel-variabel yang mempengaruhi orientasi pasar yaitu peran manajemen, keeratan hubungan antar bagian dan derajat desentralisasi. Obyek penelitian adalah Bank Umum di Semarang. Mat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Dan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa peran manajemen, keeratan hubungan antar bagian dan derajat desentralisasi berpengaruh positif terhadap orientasi pasar, dan orientasi pasar berpengaruh positif terhadap lcinerja pemasaran. Pada bagian akhir dari penelitian ini diuraikan mengenai implikasi teoritis dan implikasi manajerial, serta disampaikan juga mengenai keterbatasan penelitian dan agenda penelitian mendatang sebagai referensi untuk penelitian berikutnya.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:11559
Deposited By:Mr UPT Perpus 5
Deposited On:25 May 2010 14:19
Last Modified:25 May 2010 14:19

Repository Staff Only: item control page