ANALISIS PENGARUH USAHA KOORDINASI DAN INTEGRASI STRATEJIK TERHADAP KINERJA PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN (Studi kasus pada produk pipa PVC Maspion di Kota Semarang)

PRANOTO, BUN (2003) ANALISIS PENGARUH USAHA KOORDINASI DAN INTEGRASI STRATEJIK TERHADAP KINERJA PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN (Studi kasus pada produk pipa PVC Maspion di Kota Semarang). Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .

[img]
Preview
PDF - Published Version
2785Kb

Abstract

This research investigates a problem of how market performance influenced by coordination effort and strategic integration factors to improve sustainable competitive advantage. The Model proposed in this research aims to exam the influence of coordination effort and strategic integration to market performance, and the influence of market performance to sustainable competitive advantage. The Sample used in this research is 114 out of 160 members population of material store which sale Maspion PVC pipe in Semarang city as a research sample. Data analysis tools used in this research is Structural Equation Modeling (SEM) under AMOS 4.01. Data analysis result showed that research model has good fit and all the hypotheses can be proved. The conclusions are: coordination effort positively influences market performance, strategic integration positively influences market performance, and market performance also has positive influence to sustainable competitive advantage. Based on the results of the research can he taken managerial implication that the more dominant in the influences to market performance between the two variables is coordination effort. Several limitations of the research are; the use of research variables that are limited, i.e: coordination effort, strategic integration, market performance, and sustainable competitive advantage, after that the object only one product. Agenda for future research are: addition in variable indicators and examine research model in different product. Penelitian ini meneliti permasalahan bagaimana kinerja pemasaran dipengaruhi oleh faktor-faktor usaha koordinasi dan integrasi stratejik untuk meningkatkan keunggulan bersaing berkelanjutan. Model yang diajukan penelitian ini bertujun untuk menguji pengaruh usaha koordinasi dan integrasi stratejik terhadap kinerja pemasaran, serta pengaruh kinerja pemasaran terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan. Sampel yang digunakan adalah 114 dad 160 populasi toko material dan Kahan bangunan yang menjual pipa PVC Maspion di Kota Semarang. Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS 4.01. Basil analisis data menunjukkan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaian/fit yang baik dan semua hipotesis penelitian dapat dibuktikan. Kesimpulan yang diambil adalah usaha koordinasi berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran, integrasi stratejik berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran, dan kinerja pemasaran berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil implikasi manajerial bahwa diantara variabel usaha koordinasi dan integrasi stratejik, maka usaha koordinasilah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kinerja pemasaran. Keterbatasan penelitian adalah penggunaan variabel penelitian yang sangat terbatas: usaha koordinasi, integrasi stratejik, kinerja pemasaran dan keunggulan bersaing berkelanjutan, kemudian obyek penelitian yang hanya mengambil satu macam produk. Agenda penelitian mendatang sebaiknya menambahkan indikator yang lengkap pada variabel-variabel penelitian dan menguji model penelitian pada produk yang berbeda.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:11552
Deposited By:Mr UPT Perpus 5
Deposited On:25 May 2010 14:02
Last Modified:25 May 2010 14:02

Repository Staff Only: item control page