ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA EKSPOR STUDI PADA INDUSTRI MEBEL DI KABUPATEN JEPARA JAWA TENGAH

INDRAWANTO, WAHYU (2003) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA EKSPOR STUDI PADA INDUSTRI MEBEL DI KABUPATEN JEPARA JAWA TENGAH. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .

[img]
Preview
PDF - Published Version
3832Kb

Abstract

A company is required to compete at international markets, according to the decrease of obstacle at international trade and the make use of international communication, one is bay export activity. The research of factors which influence export performance still shows the variaous result. This study triesto find out whether proactive export motivation, export marketing strategy and environment influence export performance and what the influence of export commitment and export experience is to ward export marketing strategy and export peformance. The method for analysis-used for this study was Structural Equation Model (SEM), by which 7 hypoteses were tested. The Computation of model, by using the goodness of fit, showed acceptable result : f (Chi-Square) = 225,218 ; GFI (Goodness of Fit Index) = 0,855 ; RMSEA (Root Mean Square Error of Approximation) = 0,037 ; TLI (Tucker Lewis Index) = 0,983, and CR (Critical Ratio)? 1,96. The testing of hypoteses shOwed there was positive influence between, proactive export motivation, export marketing strategy, environment to increase export performance. The export commitment and export experience also had real effect on the export marketing strategy and export performance. Perusahaan ditekankan untuk bersaing dalam pasar internasional menyusul semakin berkurangnya hambatan dalam perdagangan internasional dan dapat memanfaatkan komunikasi internasional, salah skunya yaitu melalui kegiatan ekspor. Penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja ekspor sejauh ini masih menunjukkan basil yang beragam. Penelitian ini ingin menguji apakah motivasi ekspor proaktif, strategi pemasaran ekspor dan lingkungan berpengaruh terhadap kinerja ekspor, serta bagaimana pengaruh komitmen ekspor dan pengalaman ekspor terhadap strategi pemasaran ekspr dan kinerja ekspor. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM), dimana akan diuji 7 hipotesis yang telah disusun. Hasil komputasi untuk menguji model menunjukkan hasil yang dapat diterima dengan menggunakan goodness of fit yaitu : f (Chi-Square) = 225,218 ; GFI (Goodness of Fit Index) = 0,855 ; RMSEA (Root Mean Square Error of Approximation) = 0,037 ; TLI (Tucker Lewis Index) = 0,983, and CR (Critical Ratio)> 1,96. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan ada pengaruh yang positif antara motivasi ekspor proaktif, strategi pemasaran ekspor dan lingkungan terhadap kinerja ekspor. Demikian pula komitmen ekspor dan pengalaman ekspor secara nyata mempengaruhi strategi pemasaran ekspor dan kinerja ekspor.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:11551
Deposited By:Mr UPT Perpus 5
Deposited On:25 May 2010 13:59
Last Modified:25 May 2010 13:59

Repository Staff Only: item control page