ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASA RAN Studi Empiris pada Industri Batik Sektor UKM di Pekalongan

Sulistianto, Sulistianto (2003) ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASA RAN Studi Empiris pada Industri Batik Sektor UKM di Pekalongan. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .

[img]
Preview
PDF - Published Version
2644Kb

Abstract

Market orientation strategy is raised in this research as it is viewed as a crucial part in contributing companies success. Researches have show in that many companies face difficulties to increase marketing performance. Fore there, research on the strategy of market orientation is considered as an important research agenda nowdays. Issues proposed in this research gap are taken from the previous research. Wise like both variables and indicators are adapted from research done before. That is, to analyze influence of market orientation, product innovation, marketing strategy on marketing performance.. In this research, the respondents are of Batik companies which are small and medium enterprises (SME) sector in Pekalongan city and its surroundings. Purposive sampling technique is used to collect data by giving questionnaires to 108 respondent& The data are analyzed by using Structural Equation Model (SEM) through AMOS 4.01 programme. Five hypothesis have been formulated to solve problems in this research is the influence of market orientation to product innovation, market orientation to marketing performance, market orientation to marketing strategy, product innovation to marketing performance and market strategy to marketing performance are positive. Training as well as communications have been proposed as a source of idea for companies in managing their marketing. This research can also contributes for future research to develop it. Strategi orientasi pasar diangkat dalam penelitian ini karena dipandang sebagai satu bagian yang memiliki peranan penting dalam menunjang keberhasilan perusahaan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa masih banyak perusahaan yang mengalami kesulitan dalam ineingkatkan kinerja pemasaran. Oleh karena itu penelitian tentang orientasi pasar mrupakan salah satu agenda penelitian penting dewasa ini. Permasalahan penelitian yang diajukan pada penelitian ini sepenuhnya merupakan research gap. Begitu juga dengan variabel-variabel serta indikator¬indikator dalam penelitian ini merupakan adaptasi dari penelitian terdahulu yaitu menganalisis bagaimana pengaruh orientasi pasar, inovasi produk dan strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran. Responden dalam penelitian ini merupakan perusahaan-perusahaan industri batik sektor usaha kecil dan menengah (UKM) di kota Pekalongan dan sekitarnya. Teknik purposive sampling digunakan dalam mengumpulkan data dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 108 responden. Data tersebut diolah serta dianalisa dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) melalui program AMOS 4.01. Lima hipotesis telah dirumuskan untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa pengaruh orientasi pasar terhadap inovasi produk, orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran, orientasi pasar terhadap strategi pemasaran, inovasi terhadap kinerja pemasaran dan strategi pemasaran terhadap kinerja marketing adalah positif. Pelatihan dan komunikasi yang baik diajukan sebagai sumber pemikiran bagi perusahaan dalam mengelola pemasaran. Penelitian ini dapat juga memberikan agenda bagi penelitian yang akan datang untuk mengembangkannya.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:11548
Deposited By:Mr UPT Perpus 5
Deposited On:25 May 2010 13:56
Last Modified:25 May 2010 13:56

Repository Staff Only: item control page