DJAELANI , ANTON (2004) ANALISIS KEBERADAAN JALAN LINGKAR TERHADAP PERUBAHAN PERUNTUKAN LAHAN ( STUD! KASUS DI SEPANJANG JALAN LINGKAR KALIWUNGU ) KABUPATEN KENDAL. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 2432Kb |
Abstract
One strategy of government to increase people prosperity in by developing infrastructure. One example is development Kaliwungu Ring Road in Kendal regency. Its purpose to deal with traffic jam at north coast of Java, and to increase the regional traffic, intercity and local, so there will be quick distribution of goods in regional and local level people will meet their primary needs. However Kaliwungu ring road created new activities, such as gas station, shopping mall industries, restaurant and other services. These generate new problem which is change of allotment of farm in area. If this is not followed by goverment policy, so it will impact environment balance trouble. From the background, the research done to analyze the existence of Kaliwungu ring road in changing of farm ( case study alongside ring road of Kaliwungu ) Kendal regency. The research approach is analysis descriptive to identify how far the existence condition in the field by using Super Impose Method Chi-Square, Kendell's and Spearmen Correlation through SPSS program. The research shows that existence of the ring road changed the allotment of the land use, which in 94,04 ha from 1994 until 2004 form 243 ha observations area. There was a changing at 39 %. There are changed of price the land use, the ease of access and smoothness of traffic, so that grow new employment to cunununity which indirectly also increase earnings of society around area. The conclusion that changing allotment of the land use in alongside ring road of Kaliwungu have to be followed as in coherent policy of government to protect environment, in order to prevent gap between the development with environment of the ring road area and facility there must be adequate like channel, drainage, dismissal of waste, garbage and other despitefully also to protect existence of ring road as primary artery road. The recommendation is for the change of to allotment land use in ring road area regulated law clearly, ready coherent. In addition it is required to provide Utilities and infrastructures to protect the environment. Keyword : Ring road:, land use, equilibrium. Salah satu strategi Pemerintah untuk meningkatkan keseiahteraan masvarakat adaiai melakukan pembangunan sarana dan prasarana fisik. Salah satu contoh pelaksanaan pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah adalah Pembangunan jalan Lingkar Kaliwungu di Kabupaten Kendal. Pembangunan jalan Lingkar Kaliwungu bertujuan untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di daerah Pantura ( Pantai Utara Jawa ), dan dapat meningkatkan arus lalu lintas Regional, antar kota dan lokal sehingga distribusi barang tingkat regional maupun lokal dapat berjalan lancar. Dengan meningkalnya sarana dan prasarana maka dengan sendirinya manusia akan dengan mudah memenuhi kebutuhan dasarnya Namun adanya jalan lingkar Kaliwungu juga mengakibatkan adanya kegiatan baru dipinggiran/ tepi jalan lingkar Kaliwungu yaitu SPBU, perdagangan, industri, rurnah makan dan jasa. Dengan adanya hal tersebut maka menimbulkan permasalahan barn yaitu perubahan peruntukan lahan di kawasan tersebut, apabila hal ini dibiarkan tanpa ada kebijakan yang tegas dad Pemerintah maka akan terjadi gangguan keseimbangan lingkungan Dan latar belakang tersebut, maka dilakukan penelitian tentang analisis keberadaan jalan lingkar Kaliwungu terhadap perubahan lahan ( studi kasus di sepanjang jalan Lingkar Kaliwungu) Kabupaten Kendal. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan analisis diskriptif untuk mengetahui sejauhmana kondisi eksisting yang terjadi di lapangan tentang perubahan peruntukan lahan melalui metode super impose, metode diskriptif dan chi-square, Kendell" s, Spearman corelation dengan menggunakan program SPSS. Dad metode tersebut dilakukan analisis keberadaan jalan lingkar serta usulan strategi penataan pengembangan kawasan jalan lingkar yang memperhatikan lingkungan. Hasil studi menunjukkan bahwa keberadaan jalan lingkar tclah berpengaruh terhadap perubahan peruntukan lahan seluas 94,04 ha mulai tahun 1994 sampai dengan 2004 dengan luas pengamatan 243 Ha berarti perubahannya hampir 39 % dari luas pengamatan, disisi lain juga berpengaruh terhadap kenaikan harga lahan, kemudahan akses dan kelancaran transportasi ; serta menumbuhkan lapangan kerja barn bagi masyarakat yang secara tidak langsung juga meningkatan pendapatan masyarakat di sekitar kawasan. Kesimpulan akhir bahwa perubahan peruntukkan lahan di sepanjang jalan lingkar Kaliwungu harus disertakan kebijakan yang tegas dari Pemerintah untuk melindungi lingkungan, agar tidak ada kesenjangan antara pembangunan yang ada dengan lingkungan di kawasan jalan lingkar dan hams ada fasilitas utilitas yang memadai seperti saluran, drainase, pembuangan limbah, sampah dan lainnya disamping itu juga untuk melindungi keberadaan jalan lingkar sebagai jalan arteri printer Rekomendasinya adalah bahwa untuk perubahan peruntukan lahan di kawasan jalan lingkar harus diatur dan dituangkan dalam peraturan daerah secara jelas, tegas disamping itu penyediaan utilitas sebagai prasarana dan sarana untuk melindungi lingkungan hams ada, agar ada keseimbangan lingkungan Kata kunci : Jalan lingkar, tata guna lahan, keseimbangan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Environmental Science |
ID Code: | 11529 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 1 |
Deposited On: | 25 May 2010 13:35 |
Last Modified: | 25 May 2010 13:35 |
Repository Staff Only: item control page