ANALISIS PENGARUH KETERGANTUNGAN, KOMITMEN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEMITRAKERJAAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN (Studi Terapan pada Penyalur Suku Cadang Sepeda Motor Honda Di Kota Semarang)

RASPATI, GANGGA RIDHA (2003) ANALISIS PENGARUH KETERGANTUNGAN, KOMITMEN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEMITRAKERJAAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN (Studi Terapan pada Penyalur Suku Cadang Sepeda Motor Honda Di Kota Semarang). Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .

[img]
Preview
PDF - Published Version
2669Kb

Abstract

It is needed to create a new strategic formula for decision makers to face the more globally competitive and challanging industrial world in the very near future. The formula that has been investigated in this study is a long term relationships, herein after called kemitrakerjaan or working partnerships in channel relationships. Kemitrakerjaan with strongly coordination, cooperation, compactibility, and better technical activities will improve the marketing performance of each party in the relationships. 'This study investigates the strategic role of long term relationships through the concept of kemitrakerjaan. Following the conceptual development of kemitrakerjaan, the author reports a study of its antecedents and market performance as the outcome. A survey of 112 agents of spare parts Honda in Semarang revealed that marketing performance of each party in a high kemitrakerjaan would increase through a strong dependence, commitment, and trust. Structural Equation Model is employed to estimate the data. Several more specific important findings have emerged from this study in terms of the antecedents and marketing performance as the outcome. Significantly, dependence indicated by replaceability, commitment indicated by highly sacrifice, and trust indicated by highly benevolence influence kemitrakerjaan. The estimation results the higher level of kemitrakerjaan through strongly cooperation will increase market performance of each party. It is important for the decision makers or managers to build kemitrakerjaan with its channel relationships to achieve a higher marketing performance, and to maintain it through optimalizing the level of dependence, commitment, and trust. With the limitations of small object and research area, it is suggested for future research to investigate another relevan variabel, such: flexibility (Johnson, 1999), in a larger industries and research area. Meningkatnya kompleksitas aktivitas bisnis secara global mengharuskan pelaku pelaku bisnis untuk menciptakan suatu fonnulasi baru dalam mengliadapi tantangan tantangan bisnis yang semakin berat, dan sekaligus mencapai keberhasilan tujuan perusahaan. Formulasi barn yang tengah menjadi tren saat ini adalah penciptaan hubungan jangka panjang atau kerjasama antar pihak pihak yang terkait dalam jaringan kerja. Dalam penelitian ini, hubungan jangka panjang yang dimaksud disebut dengan kemitrakerjaan, dimana kemitrakerjaan dengan koordinasi, kooperasi, kompatibilitas, dan aktivitas teknis yang lebih baik menjadi hal penting dalam pencapaian keberhasilan bersama bagi masing masing pihak yang terkait. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis faktor faktor penting yang mempengaruhi kemitrakerjaan, seperti: ketergantungan, komitmen, dan kepercayaan, dimana faktor faktor tersebut merupakan agenda penelitian mendatang dari para peneliti terdahulu seperti yang terdapat dalam Bab I. Dalam penelitian ini, juga dianalisis mengenai pengaruh kemitrakerjaan terhadap kinerja pemasaran. Industri yang dijadikan obyek penelitian adalah penyalur suku cadang sepeda motor Honda di kota Semarang, dan alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dari paket statistik AMOS 4.0. Implikasi teoritis dan penelitian ini adalah bahwa kemitrakerjaan memiliki pengaruh tertinggi terhadap kinerja pemasaran, yang kemudian diikuti dengan pengaruh ketergantungan, komitmen, dan kepercayaan terhadap kemitrakerjaan. Dari penelitian ini dapat diambil implikasi manajerial yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para pengambil keputusan perusahaan, yaitu sangat penting bagi perusahaan untuk membangun dan memelihara kemitrakerjaan yang berkualitas dengan jaringan kerja sebagai upaya peningkatan kinerja pemasaran melalui faktor faktor ketergantungan, komitmen, dan kepercayaan. Dengan segala keterbatasan penelitian akan minimnya jenis obyek dan area penelitian, sena variabel lain yang mempengaruhi kemitrakerjaan, maka pada agenda penelitian mendatang bagi penelitian lanjutan diharapkan untuk meneliti variabel lain yang berpengartih terhadap kemitrakerjaan, seperti: fleksibilitas (Johnson, 1999), pada industri dan area penelitian yang lebih luas

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:11499
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:25 May 2010 11:59
Last Modified:25 May 2010 11:59

Repository Staff Only: item control page