-
   
  Nomor 3  
Juli - Desember 2006
 
 
 
Pedoman Bagi Penulis
 
Home
Latar Belakang
Redaksi
Pedoman Penulisan
 
PAST ISSUE

M3 Nomor 2

   
  Media Medika Muda
-

 

Informasi Umum
Media Medika Muda menerima makalah ilmiah dari para staf FK UNDIP dan RSUP Dr. Kariadi, para alumnus FK UNDIP, dokter di seluruh Indonesia dan dari luar negeri, maupun dari profesi lain. Makalah dapat berupa karangan asli (penelitian, laporan kasus, kajian pustaka, resensi buku dan tulisan lain dalam bidang kedokteran dan kesehatan). Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia yang baik dan benar berdasarkan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah, atau dalam bahasa Inggris.

Format Naskah
Tulisan diketik pada kertas kuarto, batas atas-bawah dan samping masing-masing 2,5 cm, spasi dobel, font Times New Roman, ukuran 12 dan tidak bolak-balik.
Naskah penelitian (karangan asli) harus meliputi:
1. Judul tulisan, dibuat singkat bersifat informatif, dan mampu menerangkan isi tulisan, nama para penulis lengkap, berikut gelar beserta alamat kantor/instansi/tempat kerja lain, diletakkan di bawah judul
2. Pendahuluan, berisi latar belakang, masalah, maksud & tujuan, serta manfaat penelitian
3. Bahan/subyek/pasien dan cara kerja
4. Hasil penelitian
5. Pembahasan, kesimpulan dan saran
6. Pernyataan terima kasih (kalau ada)
7. Daftar pustaka
8. Lampiran-lampiran
Naskah laporan kasus memuat latar belakang/alasan pelaporan kasus, maksud & tujuan, manfaat, data klinis, ilustrasi serta diskusi. Format naskah kajian pustaka, menyesuaikan, khususnya dalam pendahuluan hendaknya memuat penjelasan problematik yang dikaji, maksud, tujuan dan manfaatnya serta pembahasan dari apa yang dikaji dan diakhiri dengan kesimpulan hasil kajian.
Tabel/bagan/grafik/gambar/foto dibuat dengan jelas dan rapi, disertai keterangan yang jelas dan informatif. Diberi nomor menurut urutan dalam naskah, tidak lebih dari tiga lembar, keterangan ditempatkan di bawah gambar/bagan. Keterangan tabel ditempatkan di atas tabel. Tabel/bagan/grafik/gambar/foto semuanya dilampirkan terpisah dari naskah. Rujukan dalam teks dibuat berdasarkan model Vancouver.

Abstrak
Abstrak dibuat dalam bahasa Indonesia dan Inggris, terdiri sekurang-kurangnya 100 kata, sebanyak-banyaknya 350 kata. Diketik pada lembaran kertas terpisah dengan spasi ganda. Abstrak penelitian berupa structured abstract, berisi:
1. Pendahuluan/Introduction:
Berisi latar belakang, masalah, tujuan dan kegunaan penulisan
2. Pasien/Subyek/Material dan Metoda/Subject/Material and Method

Pengiriman
Berkas tulisan hendaknya dikirim rangkap dua disertai file dalam disket/CD dengan mempergunakan program Microsoft Word, dialamatkan kepada Redaksi Media Medika Muda, Gedung Dekanat FK UNDIP Lt.3, Jl. dr. Sutomo 18 Semarang.

Proses Review
Naskah setelah dilakukan seleksi redaksional akan dikirim kepada reviewer (mitra bestari) untuk dinilai dan hasil penilaian bisa berupa:1) Diterima tanpa perubahan, 2) Diterima dengan perubahan ringan, 3). Diterima dengan perubahan besar, 4). Ditolak.
Dalam hal perubahan ringan bisa dilakukan oleh Dewan Redaksi, namun perubahan besar atau melengkapi kekurangan-kekurangan perlu dilakukan sendiri oleh penulis. Diharapkan koreksi sudah bisa dikembalikan paling lama dalam 2 minggu.

Ketentuan Lain
Redaksi berhak memperbaiki susunan naskah atau bahasa tanpa mengubah isinya. Naskah yang telah dimuat di majalah lain tidak diperkenankan diterbitkan dalam majalah ini.

 
www.m3undip.org
 

Berdiri tahun 2005, dipulikasi oleh: Tim Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang