ANALISIS KARAKTERISTIK LALU LINTAS RUAS JALAN LETJEN. SUPRAPTO SURAKARTA (TRAFFIC CHARACTERISTIC ANALYSIS OF LETJEN SUPRAPTO ROAD LINK)

DJUMARI, DJUMARI (2003) ANALISIS KARAKTERISTIK LALU LINTAS RUAS JALAN LETJEN. SUPRAPTO SURAKARTA (TRAFFIC CHARACTERISTIC ANALYSIS OF LETJEN SUPRAPTO ROAD LINK). Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1742Kb

Abstract

Letjen Suprapto road link is two ways secondary artery street. It serves mix traffics;i.e long distance and local traffic. The traffics are consisted of heavy and light vehicles, motorcycles and unmotorised. As The Indonesian Highway Capacity Manual 1997 was formulated based on the limited data, especially for the urban road links of the 35 surveyed road links on the big cities of Indonesia, while Letjen Suprapto road link is located at, medium city of Surakarta, therefore, its traffic characteristics may be different from the general cities. This study is intended to know the adjustments level must be conducted to improve the IHCM-97 result for Letjen Suprapto road link, by analysing traffic characteristics. The traffict characteristics was analysed by using : Greenshields, Greenberg and Underwood models. The survey is carried out for all kinds of vehicles that pass through the Letjen Suprapto road link.The observation was conducted for the duration of 15 minutes. The data of flow, space mean speed and density were obtained from several calculation stages. Based on the optimum speed and density parameter, the Greenshields and Underwood models are the relatively fit to illustrate the traffic characteristics of Letjen Suprapto road link. Its capacity is less then the IHCM-97 calculation with the adjusment levels range from 0,82 to 0,98. Jalan Letjen. Suprapto berfungsi sebagai jalan arteri sekunder untuk lalu lintas dua arch dan melayani lalu lintas campuran yaitu lalu lintas menerus, dan lalu lintas lokal dengan jenis kendaraan kendaraan berat, kendaraan ringan, sepeda motor dan kendaraan tak bermotor. Mengingat penyusunan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 didasarkan pada data yang terbatas terutama untuk ruas jalan perkotaan, dan 35 ruas jalan yang disurvai berasal dari kota-kota besar di Indonesia. Jalan Letjen. Suprapto terletak di kota Surakarta dengan penduduk ± 546000 jiwa merupakan kota sedang, sehingga perilaku lalu-lintasnya tenth berbeda dengan kota-kota besar pada umumnya. Maka penelitian ini bertujuan u ntuk m engetahui s eberapa p enyesuaian yang h arus d ilakukan p ada h asil hitungan menurut MKJI-97 untuk ruas jalan Letjen. Suprapto dalam yang tarletak dalam kota sedang dengan menganalisis karakteristik lalu-lintasnya. Dalam analisis karakteristik lalu-lintas ruas jalan Letjen. Suprapto ini digunakan model Greenshields, Greenberg dan model Underwood. Survai data dilakukan untuk semua jenis kendaraan yang lewat di jalan tersebut dengan periode waktu pengamatan 15 menitan dan ,melalui beberapa tahapan perhitungan diperoleh data volume (flow), data kecepatan rata-rata ruang (space mean- speed) dan data kerapatan (density). Berdasarkan tinjauan kecepatan dan kerapatan optimum, model Greenshields dan model Underwood relatif cocok menggambarkan karakteristik lalu-lintasnya. Kapasitas ruas jalan jalan Letjen. Suprapto lebih kecil dan basil hitungan menurut MKJI-97 dengan penyesuaian kapasitas ruas antara 0,82 - 0,98.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Civil Engineering
ID Code:11401
Deposited By:Mr UPT Perpus 5
Deposited On:25 May 2010 08:57
Last Modified:25 May 2010 08:57

Repository Staff Only: item control page