ANALISIS PENGARUH ATRIBUT - ATRIBUT PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH KONSUMEN PADA PASAR SWALAYAN HARMONI SEMARANG

MUDMAINAH, NUNING (2002) ANALISIS PENGARUH ATRIBUT - ATRIBUT PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH KONSUMEN PADA PASAR SWALAYAN HARMONI SEMARANG. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .

[img]
Preview
PDF - Published Version
1777Kb

Abstract

ABSTRACT The research was conducted on Harmoni supermarket in Semarang. The sum of consumers transaction in third quarter 2000 until third quarter 2001 is decreasing. This situation may be caused by the opening of ADA supermarket, which is located approximately 700 metres from Harmoni supermarket. Therefore, Harmoni supermarket should do some action to raise the consumers transaction. The set of problems to be examined among others are weather the products variable, price, promotion, place and the services, influence the consumers to make a purchase in Harmoni supermarket. The objective of the research are: to analyze factors that influence the consumers to make transaction in Harmoni supermarket. Those factors are: products variabel, price variabel, position variabel and services variabel. The kind of data that the writer used are primary and secondary data. The population in this research is the consumer of Harmoni supermarket. For the sampling methode, we use Purposive Random Sampling, which taking sampling with some consideration. The analysis technique that we used are: reliability test; as for econometric test was conducted by having the normality test, multicolinearity test and auto correlation test; regression analysis, individual regression coefficient test (T test) simultaneus regression coefficient test (F test) and the determination coefficient (R2) The result of statistical counting shows that reliability data depend on reliability degree of wholw variabel show cronbach alpha 0.8882 which means the interpretation level is very high. Based on econometric test there isnt any classical assumption, those showed with normality test based on normal graphic p—p plot of regression standardized residual, that describe the mixing points of observed variabel cum prob with expected cum prob, spreading around diagonal line which means fullfil the assumsion of normality data; multicolinearity test show there isnt any multicolinearity based on VIF point from each variable of research that less than 10, and Tolerance more than 0.1; autocorelation test which use Durbin Watson test show 1.717 which mean there isnt any autocorelation. The result of T test showed that from aall five variable which influence significantly and positively to the consumer decision those are; price variable, promotion, place and service. Meanwhile product variable isnt significantly influence the consumer decision. F test showed the result 29.085 with p value 0.000 (significant), it means the variable of product, price, place and service together have a significant influence to the consumer. The determination coefficient (R square) 0.607%, it means 60.70% dependent variable can be explained by independent variable, and the rest 39,30% is caused by another variable outside the research. ABSTRAKSI Penelitian ini dilakukan pada pasar swalayan Harmoni Semarang. Jumlah transaksi konsumen pada pasar swalayan Harmoni kwartal ketiga tahun 2000 sampai dengan kwartal ketiga tahun 2001 terus mengalami penurunan. Hal ini merupakan salah satu dampak dari dibukanya pasar swalayan ADA yang terletak lebih kurang 700 meter dari lokasi pasar swalayan Harmoni. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu usaha untuk meningkatkan kembali jumlah transaksi konsumennya. Permasalahan yang ingin diteliti adalah apakah variabel produk, harga, promosi, tempat dan pelayanan mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian di pasar swalayan Harmoni. Tujuan dari penelitian ini adalah: menganalisis pengaruh variabel produk, variabel harga, variabel promosi, variabel tempat dan variabel pelayanan terhadap keputusan konsumen untuk melakukan pembelian di pasar swalayan Harmoni. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pasar swalayan Harmoni. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive random sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik analisis yang digunakan yaitu: uji reliabilitas; uji ekonometrika (uji penyimpangan asumsi klasik) yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji autokorelasi; analisis regresi yang meliputi: uji koefisien regresi individual (uji t), uji koefisien regresi serentak (uji F) dan koefisien determinasi (R2) Data yang diperoleh berdasarkan uji statistik adalah sebagai berikut: data reliabel dilihat dari cronchbach alfa sebesar 0,8882 yang berarti mempunyai tingkat interpretasi sangat tinggi. Uji ekonometrika menunjukkan tidak ada penyimpangan asumsi klasik yang ditunjukkan antara lain dari: uji normalitas berdasarkan grafik normal p — p plot of regression standardized residual menggambarkan bahwa titik-titik perpaduan antara variabel observed cum prob dengan expected cum prob menyebar di sekitar garis diagonal yang berarti memenuhi asumsi normalitas data; uji multikolinearitas menunjukkan tidak adanya multikolinearitas dilihat dari nilai VIF dari masing-masing variabel di bawah angka 10 dan nilai toleransinya di atas angka 0,1; Uji autokorelasi yang menggunakan uji Durbin-Watson menunjukkan nilai 1,717 yang berarti tidak ada autokorelasi. Hasil uji t menunjukkan bahwa dari kelima variabel yang diteliti ada empat variabel yang berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian konsumen yaitu variabel harga, promosi, tempat dan pelayanan, sedangkan variabel produk tidak signifikan artinya tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Uji F menunjukkan F hitung sebesar 29,085 dengan nilai p value 0,000 (signifikan) artinya variabel produk, harga, promosi, tempat dan pelayanan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi (R2) 0,607 % yang berarti 60,7 % variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen sedangkan sisanya 39,3% disebabkan oleh variabel lain di luar model penelitian.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:11385
Deposited By:Ms upt perpus3
Deposited On:25 May 2010 08:57
Last Modified:25 May 2010 08:57

Repository Staff Only: item control page