Prakosa, Bagas (2004) PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI DAN ORIENTASI PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING (Studi Empiris pada Industri Manufaktur di Semarang). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 2805Kb |
Abstract
High competition in all sectors cannot be avoided in globalization era recently, thus in manufacturer industry in Semarang. Strategies are needed to win the competition and it always be influenced by internal and external factors. This research is more intended to analyze the internal factors that relatively could be controlled by the company. Aim of this research are to determine whether there are influences between market orientation, innovation and learning orientation to firm performance to reach the competitive advantage. Sample used in this research are top manager of manufactur industry in Semarang. Sample criteria are the worker more than 100 people and they have been operated more than 3 years. Data are collected by questionnaire that given to respondents. It has been received 106 from 132 questionnaire. Computational result to determine the model perform, they accepted result by goodness of fit indexs are : Chi Square = 97.860; probability = 0.127; OF1 = 0.897; AGFI = 0.851; TLI = 0.965; CFI = 0.972; CMIN/DF = 1.179; RMSEA = 0.041. All of the hypotesis in this research can be accepted be Structure Equation Modelling (SEM) with AMOS 4 software. • It was mean that firm performance. are influenced by market orientation, innovation and learning orientation in order to reach the competitive advantage. Persaingan yang tinggi dalam semua bidang tidal( dapat dihindari lagi dalam era globalisasi sekarang ini. Demikian juga yang terjadi dalam industri manufaktur di wilayah Semarng. Untuk memenangkan persaingan, diperlukan strategi yang selalu dipengaruhi oleh faktor ekstemal dan internal perusahaan. Penelitian ini lebih difokuskan pada analisis faktor internal yang relatif lebih dapat dikendalikan old! organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapât pengaruh antara orientasi pasar, inovasi dan orientasi pembelajaran terhadap kinerja perusahaan untuk mencapai keunggulan bersaing. Sampel dalam penelitian ini adalah manajer tingkat atas perusahaan manufaktur besar di wilayah Semarang. Pemilihan sampel berdasarkan data dari BPS dimana kriteria dari perusahaan manufaktur besar adalah jumlah pekerjanya lebih dari 100 orang serta telah beroperasi selama 3 tahun lebih. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada pars responden. Da ri 132 kuesioner, yang diterima kembali sebanyak 106. Hasil komputasi untuk menguji model yang diajukan menunjukkan basil yang dapat diterima dengan goodness of fit, yaitu : Chi Square = 97.860; probability = 0.127; OH = 0.897; AGFI = 0.851; TL1 = 0.965; CFI = 0.972; CMIN/DF = 1.179; RMSEA = 0.041. Semua hipotesis yang diajukan dapat diterima setelah dilakukan analisis Structure Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan software AMOS 4. Ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang positif dari orientasi pasar, inovasi dan orientasi pembelajaran untuk mencapai keunggulan bersaing
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 11326 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 24 May 2010 15:42 |
Last Modified: | 24 May 2010 15:42 |
Repository Staff Only: item control page