PERMODELAN PENCEMARAN UDARA AKIBAT LALU LINTAS DI JALAN ARTERI (Studi Kasus Ruas Jalan Soekarno-Hatta di Kota Bandung)

HOESODO, DJOKO (2004) PERMODELAN PENCEMARAN UDARA AKIBAT LALU LINTAS DI JALAN ARTERI (Studi Kasus Ruas Jalan Soekarno-Hatta di Kota Bandung). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2818Kb

Abstract

Jalan Soekarno-Hatta is a main road in Bandung functioning as primary arterial road. As a main road, jalan Soekarno-Hatta is loaded by highly traffic flow or volume. That highly volume traffic causes air pollution burdening the surrounding environtment. This study aims to analyze air pollution characteristic as a result of road traffic. Based on the relation between concentration and traffic volume, it can be determined concentration model indicating dinamics characteristic of traffic flow on the jalan Soekarno Hatta. Methods which are used in the study are variation of traffic volume on that pollutant concentration taken from calculation, and validating the Gaussian by analyzing the road, comparing measurement and dispersion model. The analyzing on measurement data shows traffic volume variation. It increases in the morning, decreases in the day and reincreases in the afternoon. This variation of traffic volume make a pollutant consentration which is equivalent with the volume. Result of validation on Gaussian dispersion model is an average value of dispersion coefficient az (co) = 10,46 m and a (NOx) = 12,18 m. While the equation showing the relation between pollutant concentration and traffic volume are: C(C0) 2646,4 (n/u) and C(NOJ = 119,53 (n/u), where C is pollutant concentration (pg/m3), n is traffic volume (cpu/s) and u is wind speed (m/s). Jalan Soekarno-Hatta merupakan salah satu jalan utama di kota Bandung yang berdasazkan fungsinya berklasifikasi jalan arteri primer. Sebagai jalan utama jalan tersebut dibebani arus aliran atau Volume lalu lintas yang cukup tinggi. Dengan tingginya volume lalu lintas menyebabkan pencemaran udara yang membebani lingkungan disekitarnya. Studi ini bertujuan untuk menganalisa karakteristik pencemaran udara sebagai akibat adanya arus lalu lintas. Dari hubungan antara konsentrasi dengan volume lalu lintas kemudian dapat ditentukan model konsentrasi yang mencerminkan sifat dinamis aliran lalu lintas pada ruas jalan Soekarno-Hatta. Metode yagn digunakan adalah dengan menganalisa karakteristik lalu lintas yang terjadi, membandingkan konsentrasi polutan yang didapat melalui pengukuran dan perhitungan dan melakukan validasi terhadap model dispersi Gaussian. Analisa terhadap data pengukuran menunjukkan variasi volume lalu lintas, yaitu pada pagi hari terjadi volume yang tinggi, kemudian voluthe mengalami penurunan pada waktu sekitar tengah hari dan terjadi kenaikan kembali volume lalu lintas menjelang sore hari. Volume lalu lintas yang bervariasi ini menimbulkan konsentrasi polutan yang besarnya sebanding/berbanding lurus dengan volume. Hasil validasi terhadap model dispersi Gaussian mendapatkan nilai koefisien dispersi rata-rata ors(C0)= 10,46 m dan 60-z(N0x)= 12,18 m. Sedangkan persamaan yang menunjukkan hubungan antara konsentrasi ',polutan dengan volume lalu lintas sebagai berikut, C(CO)i = 2646,4 (n/u) dan C(NOX) = 119,53 (n/u), dimana C adalah, konsentrasi polutan (pgyY), n adalah volume lalu lintas (smp/s) dan u adalah kecepatan angin (m/s).

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Environmental Science
ID Code:11302
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:24 May 2010 14:24
Last Modified:24 May 2010 14:24

Repository Staff Only: item control page