ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN PENERI1VIA JASA PERAWATAN GIGI (Studi Empiris Pada Praktek Dokter Gigi Swasta di Kota Magelang)

Perwitasari , Dewi (2003) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN PENERI1VIA JASA PERAWATAN GIGI (Studi Empiris Pada Praktek Dokter Gigi Swasta di Kota Magelang). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1756Kb

Abstract

Today's trend shows that the evaluation of a dentist is no longer made by the dentist nor by the other health care clinic. The evaluation of a dentist is now influenced by patient's experience of dental care services they have received. Strengthen patient's loyalty is a serious problem. In the future, development of the business and profit will be only reached by the dentists who could make a good relationship with their patients. Taking care patients better will make the patients more tolerant to pay the service higher, understand 'the mistakes' their dentist do and make the dentist more though in the competition. The objectives of the study is to analize the influence of tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy and cost of care toward patient satisfaction. Primary data were collected by this study through distributing the angket. There were 100 respondents had been withdrawn by using accidental sampling method. Secondary data is also collected to support the analysis of this study. Further, multiple regression is imposed to estimate the data Validity, reliability test and test of classical assumption violation were conducted. The result showed that tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy and cost of care significantly influence the patient's satisfaction. Assurance have the grestest influence to the patient's satisfaction, then followed by cost of care, empathy, reliability, responsiveness dan tangible. Memperhatikan tren sekarang, standar yang menentukan penilaian seorang dokter gigi tidak lagi dibuat oleh dokter gigi atau klinik perawatan kesehatan lainnya_ Yang mempengaruhi adalah pengalaman pasien saat bertransaksi dan berinteralcsi dengan segala kepentingannya. Metnbangun loyalitas pasien adalah perkara serius. Di masa depart, perkembangan usaha dan keuntungan hanya akan dihasilkan oleh dokter gigi yang mampu membina hubungan baik dengan pasien. Merawat pasien dengan lebih baik membuat pasien lebih toleran membayar jasa yang lebih tinggi, lebih mempunyai pengertian atas `Icesalahan-kesalahan' dokter giginya Berta membuat prakter seorang dokter gigi tidak rentan terhadap kekuatan persaingan pasar. Tujuan penenlitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari tangible (wujud fisik), reliability (dapat dipercaya), responsiveness ((Jaya tanggap), assurance (jaminan), empathy (empati) dan biaya perawatan terhadap kepuasan pasien. Data primer dikumpulkan melalui angket yang disebarkan. Terdapat 100 responden yang dikumpulkan dengan menggunakan metode accidental sampling. Data sekunder juga dikumpulkan untuk mendukung analisis dalam penelitian ini. Lebib lanjut, untuk mengestimasi data digunakan regresi berganda. Di samping itu jugs diadakan uji validitas, reliabili s dan penyirapangan asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tangible I wujud fisik, reliability / dapat dipercaya, responsiveness! days tanggap, assurance / jaminan, empathy / empati dan biaya secara signiffican berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Assurance / jaminan mempunyai pengaruh yang paling besar, kemudian diikuti oleh biaya, empati, reliability / dapat dipercaya, responsiveness / daya tanggap dan tangible / wujud fisik.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:11233
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:24 May 2010 10:10
Last Modified:24 May 2010 10:10

Repository Staff Only: item control page