ANALISIS PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL, KEJELASAN PERAN DAN ORIENTASI BELAJAR TERHADAP KINERJA TENAGA PENJUAL (Kasus pada PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Semarang)

BUDI LESTARI, MOGA INDAH CATUR (2003) ANALISIS PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL, KEJELASAN PERAN DAN ORIENTASI BELAJAR TERHADAP KINERJA TENAGA PENJUAL (Kasus pada PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Semarang). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2716Kb

Abstract

Sales force as single source of earnings for many company, facing many pressure to have good performance. generated activity pressure very harming to officer and company, because stress will generate psychological respons, behavioral and effective of research will result appearance of this problem of low health for him satisfaction of activity, decreasing of it organizational commitmen, ugly labour capacity, and absenteisme. In studying and comprehending stress, social support play important role. But not yet many research concerning role of social support in the field of sale. Target of this research is to analyse influence of social support, clarity of role, orientation learn, age, year of service, gender and education to sales force performance of PT. Asuransi Jiwasraya Companies Semarang Branch. Data which is utilized in this research is primary and secondary data. Primary data obtained from responder counted 231 sampel representing selesforce of PT. Asuransi Jiwasraya Companies Semarang Branch. Data of Sekunder obtained from erudite journals and literature related to research. Analyse from propagated enquette answer of all responder representing salesforce of PT. Asuransi Jiwasraya Companies Semarang Branch conducted by using analysis of regression. Result of this research prove that by successively most having an effect on variable to performance is social support, clarity of role, orientation learn, age, year of service, gender and education. The result indicate that most raised hypothesis at this research is accepted. As for implication of manajerial able to be peeped out in this research is important for the management to be able to compile policys related to social support, clarity of role, age, education storey;level, year of service, orientation learn and seller energy gender to increase its performance. Tenaga penjualan sebagai amber tunggal pendapatan bagi banyak perusahaan, menghadapi banyak tekanan untuk memiliki kinerja yang bagus. Tekanan kerja yang ditimbulkan sangat merugikan bagi perusahaan dan pegawai, karena stress akan menimbulkan respon-respon psikologis, efektif dan perilaku penelitian menujukkan stress akan mengakibatkan munculnya masalah kesehatan rendahnya kepuasan kerja, berkurangnya komitmen organisasi, prestasi kerja yang burtik, dan absenteisme. Dalam mempelajari dan memahami stress, dukungan sosial berperan penting. Namun belum banyak penelitian mengenai peran dukungan sosial dalam bidang penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dukungan sosial, kejelasan peran, orientasi belajar, usia, masa kerja, pendidikan dan jenis kelamin terhadap kinerja tenaga penjual pada Perusahaan PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Semarang. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari responden sebanyak 231 sampel yang merupakan tenaga penjual PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Semarang. Data sekunder diperoleh dari jurnal-jurnal ilmiah dan literatur yang berhubungan dengan penelitian. Analisis dari jawaban angket yang disebarkan pada para responden yang merupakan tenaga penjual PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Semarang dilaktikan dengan menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian ini membulctikan bahwa secara berturut-turut variabel yang paling berpengaruh terhadap kinerja adalah dukungan sosial, kejelasan peran, usia, tingkat pendidikan, masa kerja, orientasi belajar dan jenis kelamin. Hasil tersebut mentmjulckan bahwa sebagian besar hipotesis yang diajukan pada penelitian ini diterima. Adapun implikasi manajerial yang dapat dimunculkan dalam penelitian ini adalah penting untuk pihak manajemen untuk dapat menyusun kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan dukungan sosial, kejelasan peran, usia, tingkat pendidikan, masa kerja, orientasi belajar dan jenis kelamin tenaga penjual untuk meningkatkan kinerjanya.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:11231
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:24 May 2010 10:03
Last Modified:24 May 2010 10:03

Repository Staff Only: item control page