ANALISIS PENGARUH KUALITAS HUBUNGAN, FLEKSIBILITAS, HARMAN KELANGSUNGAN HUBUNGAN DAN PENYEBARAN INFORMASI TERHADAP INTEGRASI STRATEGIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Studi kasus pada Anggota Saluran Distribusi Produk Al Qur an Terbitan CV. Hasyim Putra Semarang)

Rijadi, Rijadi (2003) ANALISIS PENGARUH KUALITAS HUBUNGAN, FLEKSIBILITAS, HARMAN KELANGSUNGAN HUBUNGAN DAN PENYEBARAN INFORMASI TERHADAP INTEGRASI STRATEGIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Studi kasus pada Anggota Saluran Distribusi Produk Al Qur an Terbitan CV. Hasyim Putra Semarang). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2425Kb

Abstract

Previous researches (Dwyer et. al., 1987; Mohr et. al., 1996; Johnson, 1999) suggest to develop research which examines relationship inter firm and extents factors influencing the development of this relationship management, moreover, the effect of this relationship to performance (Kalwani and Narayandas 1995 in Johnson 1999; Lusch and Brown 1996 in Johnson 1999). A research model is proposed in this research to examine the influence of relationship quality, flexibility, continuity expectation, and information sharing to strategic integration, moreover, the influence of strategic integration to marketing performance. This research uses 115 members of distribution channel at Al Qur'an publishing company CV. Hasyim putra as a research sample. Data analysis tools used in this research is Structural Equation Modeling (SEM) under AMOS 4.01. The result of the data shows that research model has good fit and all the hypotheses can be proved. The conclusions are: relationship quality has positive influence to strategic integration, flexibility has positive influence to strategic integration, continuity expectation has positive influence to stlategic integration, and information sharing also has positive influence to strategic integration, moreover, strategic integration has positive influence to marketing performance. Based on the results of the research could be taken theoretical implications that this research gives more justifications for antecedents influencing strategic integration, i.e.: relationship quality, flexibility, continuity expectation and information sharing. Managerial implication of this research are suggestions to managers to pay more attention to flexibility, because this factor is the most dominant factor to strategic integration. Penelitian terdahulu menyarankan pengembangan penelitian yang menguji hubungan antar perusahaan dan memperluas faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan manajemen hubungan stratejik (Dwyer et. al., 1987; Mohr et. al., 1996; Johnson, 1999), kemudian pengaruh hubungan stratejik terhadap kinerja (Kaiwani dan Narayandas 1995 dalam Johnson 1999; Lusch dan Brown 1996 dalam Johnson 1999). Dalam penelitian ini diajukan model penelitian untuk menguji pengaruh kualitas hubungan, fleksibilitas, harapan kelangsungan hubungan dan penyebaran informasi terhadap integrasi stratejik, serta pengaruh integrasi stratejik terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini menggunakan sampel 105 anggota saluran distribusi perusahaan penerbit Al-Qur an CV. Hasyim Putra Semarang. Alat analisa data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS 4.01. Hasil analisa data menunjukkan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaian/fit yang baik dan semua hipotesis penelitian dapat dibuktikan. Kesimpulan yang diambil adalah kualitas hubungan berpengaruh positif terhadap integrasi stratejik, fleksibilitas berpengaruh positif terhadap integrasi stratejik, harapan kelangsungan hubungan berpengaruh positif terhadap integrasi stratejik dan penyebaran informasi berpengaruh positif terhadap integrasi stratejik, kemudian integrasi stratejik berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran Berdacarkan hasil penelitian dapat diambil implikasi teoritis bahwa penelitian ini memberi justifikasi tambahan bagi beberapa anteseden yang mempengaruhi integrasi stratejik secara positif, yaitu kualitas hubungan, fleksibilitas, harapan kelangsungan hubungan dan penyebaran informasi. Implikasi manajerial yang dapat diberikan adalah saran bagi para manajer untuk memberi perhatian lebih pada faktor fleksibilitas, karena hal ini merupakan faktor yang paling dominan yang mempengaruhi integrasi stratejik.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:11224
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:24 May 2010 09:48
Last Modified:24 May 2010 09:48

Repository Staff Only: item control page