ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSITAS PERENCANAAN STRATEGIK PADA 7 BANK SWASTA NASIONAL

Ongkopranoto, Muljanto (2003) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSITAS PERENCANAAN STRATEGIK PADA 7 BANK SWASTA NASIONAL. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1571Kb

Abstract

In globalization era, recapitalized banks should consider several factors - such as tight competition, new players from overseas and consumers' demand — shifts - in formulating their strategic planning. The main objective of the study is to analyze the factors influence toward strategic planning intensity in the seven recapitalized banks observed. The Primary data were collected from field survey. From the seven selected banks, then 91 samples (directors, head and vice of division) have been selected by using purposive sampling to fill up the standardized questionnaires. Multiple regression was employed to analyze the data. The results indicated that all of the independent variables (Xi, X2, X3 and X4) are statistically influence to the dependent variable (Y) with significancy level ranges between close to zero to 1.1%. This implies that whenever the top management of the recapitalized bank observed will outline the strategic planning more intensively, then should consider the magnitude of the tested variables in the model, namely expertise of manager (Xi) the assurance of manager (X2), complexities of the environment (X3) and environment changes (X4). Sebagai bank yang menjadi peserta program rekapitalisasi serta adanya persaingan yang bergerak dengan cepat dalam memasuki era globalisasi dimana pemain-pemain barn dari luar negeri dapat dengan mudah masuk dan pergeseran kebutuhan konsumen, maka bank yang menjadi peserta program rekapitalisasi mempunyai kebutuhan untuk berpikir secara strategik tentang apa yang sedang terjadi melalui perencanaan strategik dalam pembuatan strateginya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi intensitas perencanaan strategik pada 7 bank yang menjadi peserta rekapitalisasi yang diamati. Pada penelitian ini data utama yang digunakan adalah data primer yang langsung diperoleh dari responden (direksi dan para kepala urusan / wakil kepala urusan serta para kepala bagian pada 7 bank yang menjadi peserta rekapitalisasi). Dengan teknik sampling purposive sampling telah dipilih berjumlah 91 orang Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan regresi berganda. Setelah dilakukan analisis, hasilnya menunjukkan bahwa semua variabel independen yang diuji (X1, X2, X3, dan Xet) mempunyai tanda yang sesuai dengan yang diharapkan dan secara statistik signifikan dengan tingkat signifikasi yang tinggi (probabilitas signifikasi mendekati nol hingga 1,1%) dalam menjelaskan variabel dependennya. Adapun implikasi manajerial dari penelitian ini adalah bila pihak top manajemen bank akan membuat perencanaan strategik yang lebih intensif dapat memanfaatkan perilaku (magnitude) dari variabel-variabel yang teruji dalam penelitian ini, yaitu: Variabel keyalcinan manajer, Keahlian manajer, Perubahan lingkungan, Kompleksitas lingkungan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:11223
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:24 May 2010 09:44
Last Modified:24 May 2010 09:44

Repository Staff Only: item control page