Nur , Rose Meliyani (2003) STUDI MENGENAI ATRIBUT-ATRIBUT DIFERENSIASI PRODUK DAN PENGARUHNYA TERIIADAP NIATI3ELI (Studi Kasus PT. Astra Internasional Tbk. HSO â Semarang). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 2227Kb |
Abstract
The objective of this research is to test the effects of the attributes of product differentiation that are comprised of product uniqueness, pricing, brand, and service quality on buying intentions. The present study focuses on Honda motorcycle as its emergence in Indonesia's market has been l9ng recognized. Honda motorcycle is presently facing high rivalry and adverse environments in almost every market including Semarang's market, particularly due to the economic crisis and the presel ice of motorbikes from China, known well as Mocin. By using purposive sampling, this study found 182 respondents that are actual customers of Honda. Multiple regression analysis is employed to test the extent to which the 4 product diferentiation's attributes affect buying intentions. t test is subsequently used to test the first to fourth hypothesis. The results arrive at conclusion that all proposed hypothesises cannot be rejected The results indicate that each of uniqueness, pricing, brand and service quality affect buying intentions in significant manner. The findings suggest that marketing managers of Honda should strive to improve the attributes of their products by focusing on the development of the 4 atrributes in order to increase the intent to buy Honda motorbike and moreover, to beat the competitors to the punch. Lastly, this research outline the limitations and recommendations forfurther research as well. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh atribut-atribut diferensiasi produk yang meliputi keunikan produk, penetapan harga, merek, dan kualitas pelayanan terhadap niat beli. Penelitian ini memusatkan pada produk motor Honda karena kehadirannya di pasar Indonesia sudah dikenal sejak lama. Pada saat ini, Honda menghadapi persaingan yang sengit dan kondisi lingkungan yang Inman mendukung pada hampir setiap pasar, termasuk pasar Semarang karena krisis ekonomi dan kehadiran motor-motor dari Cina yang dikenal dengan sebutan Mocin. Dengan menggunakan purposive sampling, penelitian ini menetapkan 182 responden yang merupakan konsumen Honda. Analisis regresi berganda digunakan untuk menguji sejauhmana pengaruh 4 atribut diferensiasi tersebut di atas, terhadap niat beli. Selanjutnya uji t digunakan untuk menguji hipotesis pertama sampai dengan hipotesis keempat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa keempat hipotesis yang diajukan tidak dapat ditolak. Hasil penelitian tersebut mengindikasikan keunikan, penetapan harga, merek dan kualitas pelayanan mempengaruhi niat beli secara signifikan. Temuan tersebut menandakan para manajer pemasaran produk sepeda motor Honda sebiiknya berusaha memperbaiki atribut-atribut produknya dengan cara memusatkan pada pengembangan 4 atribut diferensiasi produk tersebut di atas dalam rangka meningkatkan niat konsumen untuk membeli sepeda motor Honda dan lebih jauh lagi, untuk mengalahkan para pesaing. Terakhir, penelitian ini juga menguraikan keterbatasan-keterbatasan dan juga saran-saran bagi penelitian yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 11219 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 24 May 2010 09:10 |
Last Modified: | 24 May 2010 09:10 |
Repository Staff Only: item control page