ANALISIS FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN PADA PROGRAM PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SRONDOL SEMARANG TAHUN 2008 (STUDI KUALITATIF)

PRATIWI, PUTRI (2009) ANALISIS FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN PADA PROGRAM PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SRONDOL SEMARANG TAHUN 2008 (STUDI KUALITATIF). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
26Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Asi eksklusif merupakan pemberian air susu ibu kepada bayinya baik langsung maupun tidak langsung sampai bayio usia 6 bulan, tanpa mendapatkan cairan dan makanan padat lainnya. Manajemen sangat dibutuhkan dalam mencapai tujuan suatu organisasi, pelaksanaan program dengan menerapkan fungsi manajemen yang baik diharapkan dapat mencapai cakupan pemberian ASI eksklusif pada bayi sasaran yang merata dan tinggi (80%) di wilayah kerja Puskesmas Srondol Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis fingsi-fungsi manajemen program pemberian ASI eksklusif oleh petugas di wilayah kerja Puskesmas Srondol. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik indepth interview yang melibatkan tujuh petugas pelaksana program sebagai informan utama. Analisis data secara content analysis. Validitas data menggunakan teknik triangulasi narasumber kepada Kepala Puskesmas Srondol dan Kepala Seksi bidang Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Kota Semarang. Reliabilitas pada penelitian ini dilakukan dengan auditing data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam fungsi manajemen dapat disimpulkan yaitu fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan belum sesuai dengan standar pelaksanaan fungsi manajemen di tingkat Puskesmas. Saran yang diusulkan yaitu meningkatkan kemampuan manajemen petugas dengan menerapkan standar pelaksanaan manajemen tingkat Puskesmas dalam program pemberian ASI eksklusif secara komprehensif. Kata Kunci: fungsi manajemen, ASI eksklusif, Puskesmas Srondol

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:11175
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:21 May 2010 11:45
Last Modified:21 May 2010 11:45

Repository Staff Only: item control page