PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN • MENABUNG BRITAMA DI KANTOR CABANG BANK RAKYAT INDONESIA MUARA BUNGO

SUMARMAN, SUMARMAN (2002) PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN • MENABUNG BRITAMA DI KANTOR CABANG BANK RAKYAT INDONESIA MUARA BUNGO. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .

[img]
Preview
PDF - Published Version
1874Kb

Abstract

ABSTRACT The condition of banking competition between the government and private finacial organisations, has firmly jammed for the last 10 years and attracted attention from many layers of society, for its continuation to survive of organisation, supports development of societies economic growth. With this condition transition, it has also influeced changes within the promotion strategy in the finacial organisations respectively as regards to Bank Rakyat Indonesia has carried out various promotion strategies in advancing its banking products. With the above explanation as background, the writer tries to research upon the customer needs of Bank Rakyat Indonesia, particularly the customers of the Bank Rakyat Indonesia in Muara Bungo, where the research used conclusive designs and survey methods, aiming to define the influence on associated promotion on personal selling, sales promotion, advertisement and public relation on consumer decisions making opening a savings account at BRITAMA. Respondents from this research totalled up 100 people whom were customers of Bank rakyat Indonesia in Muara Bungo, in achieving the datas, lists of questioneers were given out to the respondent, which later were processed an analysed, using validities analysis, reliabilities, normalities and double linear regretions, with the aid of SPSS program.Results of this research proved that, together associated promotion variables ( personal selling, sales promotin, advertisement and publk relation ) has a significant influence the customer decisions making in deciding to open a BRITAMA account at Bank Rakyat Indonesia in Muara Bungo. All of promotion mix variable as apart significantly influence on the customers decision. And, for most dominant factor influencing the decision on saving is sales promotion variable Based on the research, disadvantanges and weaknesses were discovered, therefor, further research using advanced measurements will be needed in the future. To influence customers of Bank Rakyat Indonesia in Muara Bungo to open a savings account, repetition in defining the market and promotion strategy has been carried out specifically, especially on personal selling factor, sales promotion, advertisement and public relation. ABTRAKSI Kondisi persaingan perbankan antar lembaga keuangan baik pemerintah maupun swasta yang semakin ketat pada kurun waktu sepuluh tahun terakhir ini menjadi perhatian dari berbagai kalangan, karena keberadaan dan kelangsungan hidup lembaga keuangan tersebut sangat membantu perkembangan perekonomian masyarakat. Terjadinya perubahan kondisi diatas, berarti telah terjadi pula perubahan di dalam strategi promosi dalam ranglca mengoptimalkan produk¬produknya. Dilatarbelakangi dari penjelasan diatas, penulis tertarik untuk mencoba melakukan penelitian terhadap keinginan konsumen Bank Rakyat Indonesia khususnya nasabah Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia Muara Bungo, dimana penelitian ini menggunakan desain konklusif dan metode survey yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh faktor bauran promosi seperti personal selling, periklanan, promosi penjualan dan public relation terhadap keputusan menabung di BRITAMA. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang merupakan nasabah Kantor Cabang Bank rakyat Indonesia Muara Bungo. Sedangkan untuk pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan daftar pertanyaan kepada responden selanjutnya data tersebut diolah dan dianalisa dengan menggunkan analisis validitas, reabilitas, normalitas dan regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Dad hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel bauran promosi ( personal selling, periklanan, promosi penjualan dan public relation ) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam mengambil keputusan untuk menjadi penabung BRITAMA di Kantor Cabamg Bank Rakyat Indonesia Muara Bungo, sedangkan secara parsial ternyata semua variabel bauran promosi yang diteliti berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung . Kemudian untuk faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan menabung adalah promosi penjualan. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan juga beberapa kekurangan dan kelemahan, oleh karena itu masih diperlukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan alat ukur yang lebih baik pada nasabah BRITAMA. Untuk mempengaruhi keputusan menabung nasabah Kantor Cabang Muara Bungo, perlu dilakukan pengkajian ulang terhadap strategi pemasaran dan promosi yang telah dilakukan ini terutama pada faktor personal selling, periklanan, promosi penjualan dan public relationnya secara lebih seksama.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:11158
Deposited By:Ms upt perpus3
Deposited On:21 May 2010 10:56
Last Modified:21 May 2010 10:56

Repository Staff Only: item control page