HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN PENYESUAIAN DIRI DALAM PENYUSUNAN SKRIPSI PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

RYZKANEVI PUTRI, AJENG (2009) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN PENYESUAIAN DIRI DALAM PENYUSUNAN SKRIPSI PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
75Kb

Abstract

ABSTRAK Penyesuaian diri merupakan proses yang meliputi respon mental dan tingkah laku. Individu berusaha keras agar mampu mengatasi konflik dan frustasi karena terhambatnya kebutuhan didalam diri sehingga tercapai keselarasan antara tuntutan dari dalam diri dan tuntutan di luar dirinya. Penyesuaian diri dalam menyusun skripsi yang dilakukan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang, membutuhkan dukungan sosial yang salah satunya adalah dukungan sosial orangtua, dan dukungan sosial orangtua ini perlu dipersepsikan oleh mahasiswa. Subyek penelitian berjumlah 105 mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Penentuan sample menggunakan teknik simple random sampling, pengambilan data dilakukan dengan metode skala. Randomisasi dilakukan pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang yang sedang menyusun skripsi sejumlah 150 mahasiswa. Penentuan sampel sesuai dengan tabel Krecjie dari 150 orang diambil sampel 105 orang untuk penelitian dengan taraf kesalahan 5%, dan sisanya dikenai subjek untuk try out. Asumsi bahwa populasi adalah homogen, dimana mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang sedang menyusun skripsi yang digunakan sebagai sampel hampir sama. Persepsi terhadap dukungan sosial orangtua diukur dengan Skala persepsi terhadap dukungan sosial orangtua yang terdiri dari 43 aitem valid (α =0,960) dan Skala penyesuaian diri dalam penyusunan skripsi yang terdiri dari 37 aitem valid (α =0,923). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap dukungan sosial orangtua dengan penyesuaian diri dalam penyusunan skripsi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegro dengan nilai koefisien korelasi rxy = 0,562, yaitu semakin tinggi persepsi terhadap dukungan sosial orangtua maka akan semakin tinggi penyesuaian diri dalam penyusunan skripsi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Sumbangan efektif persepsi terhadap dukungan sosial orangtua terhadap penyesuaian diri dalam penyusunan skripsi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yaitu sebesar 31,6 %, sedangkan 68,4 % berasal dari faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:11150
Deposited By:Soetarto
Deposited On:21 May 2010 10:33
Last Modified:21 May 2010 10:33

Repository Staff Only: item control page