HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DENGAN KOMITMEN AFEKTIF TERHADAP ORGANISASI PADA GURU SMU NEGERI DI SEMARANG

KUSHARIYANTI, ANISAH (2007) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DENGAN KOMITMEN AFEKTIF TERHADAP ORGANISASI PADA GURU SMU NEGERI DI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
859Kb

Abstract

ABSTRAKSI Profesionalitas dan kualitas kerja para guru juga merupakan indikasi dari adanya komitmen afektif guru terhadap sekolah sebagai suatu organisasi tempatnya mengajar, sehingga dapat dikatakan seorang guru yang memiliki komitmen terhadap sekolah (organisasi) tempatnya mengajar akan berusaha bekerja dengan sungguh-sungguh untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai organisasi dengan sepenuh hati demi kemajuan organisasinya. Komitmen terhadap organisasi dapat muncul disebabkan berbagai faktor, salah satu faktornya adalah kepemimpinan kepala sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan teknik cluster random sampling dengan Subyek penelitian sebanyak 219 orang. Pengambilan data dilakukan dengan metode skala psikologi. Komitmen Afektif terhadap Organisasi diukur dengan menggunakan Skala Komitmen Afektif terhadap Organisasi yang terdiri dari 48 aitem valid (α = 0,950). Persepsi Terhadap Gaya Kepemimpinan Transformasional diukur dengan menggunakan Skala Persepsi Terhadap Gaya Kepemimpinan Transformasional yang terdiri dari 56 aitem valid (α = 0,976). Hasil analisis data dengan metode Analisis Regresi Sederhana menghasilkan koefisien korelasi rxy sebesar 0,502 dengan p = 0,000001 (p<0,01). Hasil tersebut menunjukkan arah hubungan positif dan signifikan antara komitmen afektif terhadap organisasi dengan persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional. Semakin tinggi persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional, maka akan semakin tinggi komitmen afektif terhadap organisasinya. Hipotesis penelitian ini dapat diterima. Sumbangan variabel persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap komitmen afektif terhadap organisasi pada guru SMA Negeri di Semarang sebesar 30,5%. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah bukan merupakan satu-satunya faktor utama. Jadi masih ada 69,5 % faktor lain yang berpengaruh terhadap komitmen afektif terhadap organisasi pada guru SMA Negeri di Semarang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:11126
Deposited By:Soetarto
Deposited On:21 May 2010 09:47
Last Modified:21 May 2010 09:47

Repository Staff Only: item control page