HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN DENGAN MOTIF BERKOMPETISI PADA SISWA KELAS VII RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL

Faizul Muna, Nunung (2009) HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN DENGAN MOTIF BERKOMPETISI PADA SISWA KELAS VII RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
206Kb

Abstract

ABSTRAK Sekolah merupakan tempat dimana siswa-siswa berusaha untuk saling mengungguli satu sama lain. Para siswa bersaing untuk meraih prestasi yang terbaik, misalnya mendapatkan peringkat pertama di kelas atau pun peringkat pertama paralel. Adanya kompetisi sebagai suatu kebutuhan bagi individu maka dibutuhkan motif untuk menggerakkan individu bertingkah laku yang mempunyai tujuan tertentu yaitu tujuan untuk memenangkan persaingan demi peningkatan prestasi. Motif berkompetisi yang dimiliki oleh siswa merupakan kebutuhan dalam meraih suatu prestasi, sehingga siswa mampu mengontrol belajarnya dan mampu menyesuaikan diri dalam menyusun tugas-tugas dan tujuan yang ingin dicapai dalam suatu kompetisi guna mencapai suatu peningkatan dalam prestasi belajarnya. Motif berkompetisi yang dimiliki siswa akan menumbuhkan sikap yang positif dan optimis dalam dirinya serta dapat meningkatkan prestasi di sekolahnya dengan memandang kompetisi sebagai motivator bagi dirinya (Deutch, dikutip Johnson & Johnson, 1987 h. 118). Situasi tersebut akan menciptakan suatu keseimbangan antara kebutuhan berprestasi dan kebutuhan personal dari individu. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kudus berjumlah 192 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi sederhana. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,431 dengan p= 0,000 (p<0,05), artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel kemandirian dengan motif berkompetisi pada siswa kelas VII Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Arah hubungan kedua variabel positif, yaitu semakin tinggi kemandirian maka akan semakin tinggi motif berkompetisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kudus. Sumbangan efektif kemandirian terhadap motif berkompetisi pada siswa kelas VII Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional adalah sebesar 18,6%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:11107
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 May 2010 09:19
Last Modified:21 May 2010 09:19

Repository Staff Only: item control page