KONSEP DIRI DENGAN KONFORMITAS TERHADAP KELOMPOK TEMAN SEBAYA PADA AKTIVITAS CLUBBING (Sebuah Studi Korelasi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Purwokerto yang Melakukan Clubbing)

Sukmawati, Sdr. (2009) KONSEP DIRI DENGAN KONFORMITAS TERHADAP KELOMPOK TEMAN SEBAYA PADA AKTIVITAS CLUBBING (Sebuah Studi Korelasi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Purwokerto yang Melakukan Clubbing). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
102Kb

Abstract

ABSTRAK Di era keterbukaan dan modernisasi, gaya hidup hedonisme semakin menemukan bentuknya dengan berkembangnya klub malam. Konsumen yang dianggap potensial adalah remaja karena dianggap dalam masa pencarian identitas diri sehingga muncul berbagai tuntutan dari lingkungan sekitarnya. Tuntutan tersebut akan mempengaruhi penilaian tentang diri remaja atau yang biasa disebut dengan konsep diri. Konsep diri ini akan mempengaruhi individu dalam berperilaku, salah satunya pada kecenderungan melakukan konformitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan konformitas terhadap kelompok teman sebaya pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purwokerto yang melakukan clubbing. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan Skala Konsep Diri dan Skala Konformitas terhadap Kelompok Teman Sebaya pada Aktivitas Clubbing yang disebarkan kepada 46 subjek penelitian. Skala Konsep Diri terdiri dari 60 aitem dengan a = 0,734, dan Skala Konformitas terhadap Kelompok Teman Sebaya terdiri dari 30 aitem dengan a = 0,710. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi sederhana menunjukkan rxy = -0,340 dan p = 0,021 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara konsep diri dengan konformitas terhadap kelompok teman sebaya pada aktivitas clubbing, sehingga hipotesis yang menyatakan ada hubungan negatif antara konsep diri dengan konformitas terhadap kelompok teman sebaya pada aktivitas clubbing diterima. Kondisi tersebut menunjukkan semakin positif konsep diri maka semakin rendah konformitas terhadap kelompok teman sebaya pada aktivitas clubbing, sebaliknya semakin negatif konsep diri akan semakin tinggi konformitas terhadap kelompok teman sebaya pada aktivitas clubbing. Hasil tersebut memberi informasi bagi remaja untuk meningkatkan konsep diri, sehingga dapat mengurangi konformitas terhadap kelompok teman sebaya pada aktivitas clubbing. Sumbangan efektif konsep diri bagi konformitas terhadap kelompok teman sebaya pada aktivitas clubbing dalam penelitian ini sebesar 11,5%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:11099
Deposited By:Soetarto
Deposited On:21 May 2010 09:06
Last Modified:21 May 2010 09:06

Repository Staff Only: item control page