PENGARUH PENERAPAN METODE MODIFIKASI PERILAKU TOKEN ECONOMY TERHADAP REGULASI DIRI SISWA PESERTA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Studi Eksperimental Pada Siswa Kelas V SDN Srondol 02 Banyumanik)

A’isah, Anita and Budi Wibowo, Prasetyo and Setyawan, Imam (2010) PENGARUH PENERAPAN METODE MODIFIKASI PERILAKU TOKEN ECONOMY TERHADAP REGULASI DIRI SISWA PESERTA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Studi Eksperimental Pada Siswa Kelas V SDN Srondol 02 Banyumanik). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
103Kb

Abstract

Abstrak Regulasi diri merupakan faktor penting dalam menunjang siswa memperoleh prestasi yang optimal pada mata pelajaran Matematika. Kemampuan regulasi diri tidak dapat berkembang dengan sendirinya sehingga dibutuhkan suatu lingkungan yang kondusif agar anak dapat mengembangkan regulasi diri. Penguatan (reinforcement) adalah salah satu faktor eksternal dalam regulasi diri. Metode modifikasi perilaku token economy adalah memiliki prinsip dasar reinforcement positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode modifikasi perilaku token economy terhadap regulasi diri siswa peserta mata pelajaran matematika. Karateristik subjek penelitian ini adalah siswa peserta mata pelajaran Matematika, kelas lima SDN Srondol 02 Banyumanik. Penelitian ini menggunakan desain non-randomized pretest – posttest control group design. Penelitian ini tidak melakukan randomisasi karena menyesuaikan pihak sekolah yang menyediakan dua kelas untuk penelitian. Dua kelas yang ditentukan dalam penelitian ini dibagi ke dalam dua kelompok secara random. Subjek penelitian pada kelompok eksperimen berjumlah 16 orang, sedangkan kelompok kontrol 22 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan Skala Regulasi Diri. Hasil uji statistik dengan menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada kelompok eksperimen antara sebelum dan sesudah penerapan modifikasi perilaku token economy nilai dengan Asymp sig (2-tailed) (0.016) < (0.05). Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan modifikasi perilaku token economy efektif dalam meningkatkan regulasi diri siswa peserta mata pelajaran matematika. Hasil uji analisis dengan uji 2 Sampel Independen Kolmogorov-Smirnov didapatkan nilai Asymp Sig (2-tailed) (0.003) < (0.05). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada skor regulasi diri siswa kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan berupa metode modifikasi perilaku token economy dan kelompok kontrol yang tidak mendapat perlakuan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:11097
Deposited By:Soetarto
Deposited On:21 May 2010 09:03
Last Modified:21 May 2010 09:03

Repository Staff Only: item control page