HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN TERHADAP KESELAMATAN PENERBANGAN DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBELI TIKET PENERBANGAN DOMESTIK LION AIR PADA PENUMPANG DI BANDARA AHMAD YANI SEMARANG

Puspita Sari, Desti (2010) HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN TERHADAP KESELAMATAN PENERBANGAN DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBELI TIKET PENERBANGAN DOMESTIK LION AIR PADA PENUMPANG DI BANDARA AHMAD YANI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
153Kb

Abstract

ABSTRAK Pengambilan keputusan konsumen adalah aktivitas meliputi seluruh proses konsumen dalam mengenal masalah, mencari jalan keluar, mengevaluasi alternatif- alternatif, dan memilih berdasarkan bentuk pilihan lain. Pengalaman buruk yang dialami oleh konsumen saat naik pesawat Lion Air akan membuat mereka tidak yakin untuk menggunakan jasanya lagi. Kepercayaan yang rendah tersebut akan mengakibatkan penumpang untuk membuat keputusan untuk tidak membeli tiket Lion Air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan terhadap keselamatan penerbangan dengan pengambilan keputusan membeli tiket pada maskapai penerbangan domestik Lion Air di bandara Ahmad Yani Semarang. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif antara kecemasan terhadap keselamatan penerbangan dengan pengambilan keputusan membeli tiket maskapai penerbangan Lion Air. Alat ukur pada penelitian adalah Skala Kecemasan terhadap keselamatan penerbangan (33 aitem valid, indeks daya beda aitem0,3) dan Skala Pengambilan keputusan membeli tiket Lion Air(23 aitem valid, indeks daya beda 0,25), yang diujicobakan pada 35 subjek penelitian. Sampel penelitian ini adalah 42 penumpang tujuan domestik maskapai Lion Air yang diperoleh melalui purpossive sampling. Analisis regresi sederhana menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar -0,339 (p<0,05). Artinya terdapat hubungan negatif dan signifikan antara kecemasan terhadap keselamatan penerbangan dengan pengambilan keputusan membeli tiket Lion Air, yang menunjukkan bahwa semakin tinggi kecemasan maka semakin rendah pengambilan keputusan membeli tiket Lion Air. Sebaliknya semakin rendah kecemasan terhadap keselamatan penerbangan maka semakin tinggi pengambilan keputusan membeli tiket Lion Air. Sumbangan efektif kecemasan terhadap keselamatan penerbangan terhadap pengambilan keputusan membeli tiket Lion Air sebesar 11,5%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:11092
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 May 2010 08:55
Last Modified:21 May 2010 08:55

Repository Staff Only: item control page