HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA REGULER DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA SISWA KELAS ENAM AKSELERASI SD BINA INSANI BOGOR

Agmarina, Zahra (2010) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA REGULER DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA SISWA KELAS ENAM AKSELERASI SD BINA INSANI BOGOR. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
214Kb

Abstract

ABSTRAK Pemerintah memberikan pelayanan bagi anak dengan bakat kecerdasan di atas rata-rata dengan mengadakan program akselerasi, dimana masa studi siswa dipercepat dari enam tahun menjadi lima tahun pada siswa sekolah dasar. Percepatan masa studi tersebut menuntut anak untuk terus mengembangkan aspek kognitif dan mengesampingkan aspek psikososial anak. Padahal, anak usia sekolah dasar masih senang menghabiskan sebagian waktunya untuk bermain dan bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya. Interaksi yang baik dan dukungan yang diberikan teman sebaya, baik dari kelas akselerasi atau reguler akan mempengaruhi penyesuaian sosialnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan sosial teman sebaya reguler dengan penyesuaian sosial siswa akselerasi di SD Bina Insani Bogor. Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas enam akselerasi SD Bina Insani Bogor yang diperoleh dengan teknik sampling jenuh. Alat ukur dalam penelitian ini adalah Skala Dukungan Sosial (29 item α = 0, 930) dan Skala Penyesuaian Sosial (33 item α = 0, 930) yang diberikan kepada 30 subjek penelitian. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif dukungan sosial teman sebaya reguler dengan penyesuaian sosial siswa kelas enam akselerasi SD Bina Insani Bogor. Hasil analisis data dengan korelasi spearman menunjukkan skor korelasi rxy = 0,394 dengan signifikansi 0,031 (p<0,05) yang berarti bahwa terdapat hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya reguler dengan penyesuaian sosial siswa akselerasi. Rendahnya nilai korelasi antar variabel disebabkan karena masih banyak faktor lain yang mempengaruhi penyesuaian sosial siswa akselerasi yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Kata kunci: dukungan sosial, penyesuaian sosial, teman sebaya reguler, siswa akselerasi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:11090
Deposited By:Soetarto
Deposited On:21 May 2010 08:51
Last Modified:21 May 2010 08:51

Repository Staff Only: item control page