HUBUNGAN ANTARA KOMITMEN TERHADAP PERUSAHAAN DENGAN INTENSI BERKREATIVITAS PADA PENYIAR RADIO SWASTA DI KOTA SEMARANG

Tiara Novevian, Ossy (2010) HUBUNGAN ANTARA KOMITMEN TERHADAP PERUSAHAAN DENGAN INTENSI BERKREATIVITAS PADA PENYIAR RADIO SWASTA DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
557Kb

Abstract

ABSTRAK Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara komitmen terhadap perusahaan dengan intensi berkreativitas pada penyiar radio swasta di Kota Semarang. Hipotesis penelitian adalah terdapat hubungan yang positif antara komitmen terhadap perusahaan dengan intensi berkreativitas pada penyiar radio swasta di Kota Semarang. Semakin tinggi komitmen terhadap perusahaan maka akan semakin tinggi pula intensi berkreativitas. Alat ukur yang digunakan pada penelitian berupa skala, yaitu Skala Intensi Berkreativitas dan Skala Komitmen Terhadap Perusahaan. Skala diujicobakan pada populasi penelitian yang berjumlah 54 subjek dengan karakteristik berprofesi sebagai penyiar di radio swasta di Kota Semarang, sudah bekerja minimal tiga tahun, pendidikan minimal SMA atau se-derajat. Skala Intensi Berkreativitas terdiri dari 51 aitem (rix =0,952) dan Skala Komitmen terhadap Perusahaan terdiri dari 29 aitem (rix =0,932). Sampel penelitian adalah 54 penyiar radio swasta di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan nonprobability sampling, yaitu dengan teknik sampel jenuh. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi sederhana. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,747 dengan p= 0,000 (p<0,05). Arah hubungan yang positif menunjukkan bahwa semakin tinggi komitmen terhadap perusahaan, maka semakin kuat intensi berkreativitas pada penyiar. Tingkat signifikansi korelasi p=0,000 (p<0,05) menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel prediktor dengan variabel kriterium. Sumbangan komitmen terhadap perusahaan pada intensi berkreativitas pada penyiar radio swasta di Kota Semarang adalah sebesar 55,8%. Sementara sisanya 44,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Kata kunci: Komitmen terhadap Perusahaan, Intensi Berkreativitas, Penyiar Radio Swasta.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:11088
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 May 2010 08:49
Last Modified:21 May 2010 08:49

Repository Staff Only: item control page