HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KUALITAS PRODUK DENGAN INTENSI MEMBELI LAPTOP MEREK LOKAL PADA MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO 2006-2008

Paramasiwi, Henggar (2010) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KUALITAS PRODUK DENGAN INTENSI MEMBELI LAPTOP MEREK LOKAL PADA MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO 2006-2008. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
298Kb

Abstract

ABSTRAK Saat ini fenomena mahasiswa berlaptop sudah tidak asing lagi dijumpai. Pesatnya perkembangan laptop, mendorong munculnya variasi merek laptop. Termasuk laptop merek lokal yang mulai banyak diminati oleh konsumen. Berdasarkan harian Batam Pos, perbandingan market laptop merek lokal dan merek luar negeri adalah 40 % berbanding 60 %. Konsumen Indonesia dikenal sebagai konsumen yang menyukai produk impor. Produk impor dianggap sebagai produk yang lebih berkualitas dibandingkan produk lokal. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui hubungan persepsi terhadap kualitas produk dengan intensi membeli laptop merek lokal pada mahasiswa Fakultas Teknik Undip angkatan 2006-2008. Persepsi terhadap kualitas produk merupakan pandangan, penilaian dan perasaan konsumen terhadap kemampuan suatu produk yang berkaitan dengan keadaan fisik, fungsi serta sifat dari produk dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Persepsi tersebut akan mempengaruhi konsumen dalam memilih produk mana yang akan dibeli. Penelitian ini menggunakan 63 mahasiswa Fakultas Teknik Undip angkatan 2006-2008 sebagai subjek penelitian dengan karakteristik belum memiliki laptop dan mengetahui satu atau lebih nama merek laptop lokal. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sanpling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua buah skala, yaitu skala intensi membeli laptop merek lokal dan persepsi terhadap kualitas produk. Hasil analisis dengan metode analisis regresi sedehana mendapatkan rxy = 0,610 dengan p= 0,000 (p<0,05), yang berarti terdapat hubungan positif dan signifikan antara intensi membeli laptop merek lokal dan persepsi terhadap kualitas produk. Arah hubungan positif antara kedua variabel tersebut artinya semakin tinggi persepsi terhadap kualitas produk maka intensi membeli laptop merek lokal pada mahasiswa Fakultas Teknik angkatan 2006-2008 akan semakin tinggi dan sebaliknya. Persepsi terhadap kualitas produk memberikan sumbangan efektif sebesar 37,2 % terhadap intensi membeli laptop merek lokal. Hasil tesebut mengindikasikan bahwa ada faktor lain sebesar 62,8 % yang juga turut berperan mempengaruhi intensi membeli laptop merek lokal yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:11083
Deposited By:Soetarto
Deposited On:21 May 2010 08:42
Last Modified:21 May 2010 08:42

Repository Staff Only: item control page