PELAKSANAAN PENGAJUAN KLAIM PRODUK ASURANSI JIWA UNIT LINK (Studi di PT. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya Cabang Semarang)

Wijanarko, Sigit (2010) PELAKSANAAN PENGAJUAN KLAIM PRODUK ASURANSI JIWA UNIT LINK (Studi di PT. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya Cabang Semarang). Undergraduate thesis, Perpustakaan Fakultas Hukum.

[img]Microsoft Word
22Kb

Official URL: http://fh.undip.ac.id/perpus

Abstract

Tata pergaulan masyarakat khususnya masyarakat modern seperti saat ini membutuhkan suatu institusi atau lembaga yang bersedia mengambil alih risiko-risiko dari masyarakat, baik risiko individu maupun risiko kelompok. Lembaga atau institusi yang mempunyai kemampuan untuk mengambil alih risiko-risiko dari pihak lain adalah perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi mempunyai peranan yang sangat penting bagi masyarakat modern, karena mempunyai jangkauan yang menyangkut kepentingan ekonomi maupun kepentingan sosial dari masyarakat modern tersebut. Pengalihan risiko-risiko tersebut diwujudkan dalam bentuk suatu perjanjian antara kedua belah pihak, yakni antara masyarakat modern tersebut yang dalam hal ini bertindak sebagai tertanggung dengan suatu perusahaan asuransi yang bertindak sebagai penanggung. Perjanjian ini dinamakan dengan polis asuransi. Pertumbuhan jumlah polis asuransi dari tahun ke tahun menujukkan suatu perkembangan yang sangat signifikan. Hal ini dipicu oleh ekspansi perusahaan asuransi yang mengeluarkan produk baru yang bernama unit link. Produk ini merupakan produk inovatif dan kreatif dari suatu perusahaan asuransi dalam menanggung risiko dari Pemegang Polis atau Tertanggungnya. Unit link merupakan produk asuransi yang memuat manfaat ganda, yakni manfaat pengalihan risiko atas jiwa, sekaligus investasi bagi Pemegang Polis atau Tertanggung tersebut yang diselenggarakan oleh suatu perusahaan asuransi jiwa. Pemegang Polis atau Tertanggung yang dalam hal ini juga menjadi konsumen ada kalanya mengalami berbagai kendala di dalam mengurus klaim atas produk asuransi jiwa unit link tersebut. Hal ini dapat diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan Tertanggung didalam mengurus klaim pada Perusahaan Asuransi Jiwa. Pemegang Polis atau Tertanggung dapat menempuh beberapa upaya bila mengalami hambatan di dalam mengajukan klaim pada produk asuransi jiwa unit link di PT. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya. Pertama, Pemegang Polis atau Tertanggung dapat mengajukan klaim langsung kepada PT. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya dengan membawa syarat-syarat yang telah diatur oleh PT. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya. Kedua, Pemegang Polis atau Tertanggung dapat melaporkan ke Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen atau ke Badan Mediasi Asuransi Indonesia. Ketiga, Pemegang Polis atau Tertanggung dapat mengajukan gugatan ke pengadilan. Kata Kunci : Pengalihan Risiko, Pelaksanaan Klaim

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:11078
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 May 2010 09:54
Last Modified:21 May 2010 09:54

Repository Staff Only: item control page