ANALISIS PENGARUH TIPOLOGI PELANGGAN PADA LOYALITAS DAN MINAT BERKUNJUNG ULANG DI PASAR SWALAYAN Studi Kasus Swalayan Sri Ratu Pemuda Semarang

Soetranto, A. L. Ary (2002) ANALISIS PENGARUH TIPOLOGI PELANGGAN PADA LOYALITAS DAN MINAT BERKUNJUNG ULANG DI PASAR SWALAYAN Studi Kasus Swalayan Sri Ratu Pemuda Semarang. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .

[img]
Preview
PDF - Published Version
1868Kb

Abstract

ABSTRACT Globalization era brought up significant influence toward retail business / supermarket in such ways. Retail business or supermarket nowadays need to evaluate their strategy in order to win the competition in the formed market, or a potentially future one. One of the approaches in dealing with the competition is by using consumer segmentation-Mat-based on•their••typology (tipologi); especially •• • • •• on the aspect of time poverty, shopping enjoyment, shopping confidence, and social needs. Result of the research reveals that all of consumer typological aspects simultaneously give influence in their loyalty and interest to do shopping again at Sri Ram Department Store, and this result is advantagenous to management of Sri Raw Department Store in developing and improving their company performance. Population in this research is all of the visitor and the regular customer of Sri Ratu Department Store in Semarang and 105 people are taken randomly as a sample. The technique of such sample taking in this research is accidental sampling and random sampling, while the method of data collectikertaing questionnaire method and data analysis method for the study is usip8 Stnichial Equation Modelling (SEM) by AMOS 4.01 version program. This research is successfully getting the empiric prove if seen from the standardized total effects, it shown that the Shopping Confidence variable has the most influence towards the customer's loyalty to the supermarket, followed bysocial needs variable in the second place, the third place is time poverty variable, and shopping enjoyment in the fourth place, while such customer loyalty has given the considerable influence towards the customer interests to visit again. From the research result, there are several managerial implications, such as : 1. The Store must raise the consumer acquisition perception, by doing product choices, interested by the consumer ; doing store lay out renovation so it more comfortable for consumer to shop 2. The Store must raise the consumer transaction perception, like discount time, sale time, cheaper price, and other programs. 3. The Store must insure the consumer, that the store place would haven't been transfer to other place. 4. The store must determine which segment of consumers are a priority to the store. 5. The Store must have some appreciations to the most loyalty consumers, by giving them several kinds of reward. 6. The Store must design the display of the goods inside the store efficiently, so the consumer is sure about the existence of th‘4014 IRV ABSTRAKSI Adanya era pasar global sedikit banyak berpengaruh terhadap bisnis swalayan. Bisnis swalayan pada saat ini membutuhkan suatu evaluasi strategi yang dibutuhkan untuk dapat memenangkan persaingan pada pasar yang telah terbentuk, dan mungkin juga untuk membuat pasar yang bare. Salah satu bentuk pendekatan untuk melakukan persaingan adalah dengan melakukan segmentasi pengunjung berdasarkan tipologi mereka, terutama dart aspek - aspek keterbatasan akan waktu, kenikmatan berbelanja, keprcayaan berbelanja, dan kebutuhan sosial. Dart hasil penelitian dapat diketahui bersama, aspek-aspek tipologi pelanggan apa saja yang berpengaruh terhadap loyalitas dan minat berkunjung ulang mereka di swalayan Sri Ratu, yang tentunya dapat dipakai manajemen Sri Ratu untuk melakukan pengembangan dan perbaikan kinerja perusahaan mereka. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengunjung dan pelanggan swalayan Sri Ratu Semarang, dengan diambilnya 105 pelanggan Sri Ratu secara acak sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah accidental sampling dan random sampling. Sedangkan metoda pengumpulan datanya adalah dengan metoda atigke dan teknik analisa data menggunakan Structural Equation Modelling ( SEM•) melalut program AMOS versi 4.01. Penelitian ini berhasil memperoleh bukti empiris jilca dilihat dart pengaruh standardized total effects, variabel kepercayaan pelanggan mempunyai pengaruh terbesar terhadap loyalitas pelanggan terhadap swalayan, yang kedua adalahvariabel pemenuhan kebutuhan social, yang ketiga adalah variabel keterbatasan' akan waktu, dan yang keempat adalah variabel kenikmatan berbelanja, sedangkan loyalitas pelanggan itu sendiri memberilcan pula pengaruh terhadap minat berlcunjung ulang pelanggan. Dari basil penelitian , dapat diajukan implikasi manajerial sebagai berikut: 1. Tingkatkan persepsi akuisisi, antara lain dengan melakukan pilihan .produk yang diminati pelanggan, merenovasi lay out swalayan / store sehingga lebih membuat nyaman pelanggan untuk berbelanja, dan lain- lain. 2. Tingkatkan persepsi transaksi, antara lain dengan mengadakan program diskon secara rutin, menjual dengan harga yang lebih murah dibandingkan swalayan / store pesaing, dan lain-lain. 3. Perin dijaminkan kepada pelanggan, bahwa lokasi tempat berbelanja ( dalam hal ini Sri Ratu Department Store ) tidal( akan berpindah-pindah, 4. Segmentasikan dengan jelas konsumSen mana yang hendak dibidik. 5. Beri penghargaan kepada pelanggan yang benar-benar mempunyai keloyalan tinggi dengan strategi pemberian penghargaan yang bermacam cam. 6. Tata ruang display barang seefisien mungkin sehingga pelanggan yakin akan keberadaan barang.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:11034
Deposited By:Ms upt perpus3
Deposited On:24 May 2010 16:19
Last Modified:24 May 2010 16:19

Repository Staff Only: item control page