ANALISIS PENGARUH INTEGRASI STRATEGIS DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN DAN KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN STUDI EMPIRIS PADA DISTRIBUTOR KENDARAAN YAMAHA DI JAWA TENGAH DAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sugijata , Thomas (2002) ANALISIS PENGARUH INTEGRASI STRATEGIS DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN DAN KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN STUDI EMPIRIS PADA DISTRIBUTOR KENDARAAN YAMAHA DI JAWA TENGAH DAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .

[img]
Preview
PDF - Published Version
2500Kb

Abstract

ABSTRACT This research explains a sustainable advantage that need to be achieved by each company to face the global trend. Ledo et al (1992:81), on one hand, stated that sustainable competitive advantage can be achieved by marketing performance. On the other hand, marketing performance is influenced by market orientation (Baker et al, 1995:50), and strategic integration (Johnson, 1999:7). Furthermore market orientation is related to sustainable competitive advantage (Never and Slater, at Ferdinand, 1999:111). This research analyze the effect of strategic integration and market orientation on sustainable competitive advantage and marketing performance. In order to address the question, four hypothesis are develop and examined. Data that gathered from 115 respondents consists of Yamaha distributors at Central Java and Yogyakarta were processed by using Structural Equation Modeling Analysis utilizing AMOS 4.0 program. The result proved that marketing performance is significantly affected by strategic integration as well as by marketing orientation. The result also proved that sustainable competitive advantage i,s significantly affected by market orientation and marketing performance. This research also tried to bridge its result with theoretical and management implications. The managerial implication stated that the Yamaha Management should try to build a sustainable competitive advantage through the improvement of marketing performance, market orientation and strategic integration. Despite of the research constrains, it is hopeful that this research could be of any use for further research reference. ABSTRAKSI Dalam penelitian ini telah dijelaskan mengenai adanya perkembangan global yang menuntut setiap perusahaan memiliki keunggulan bersaing berkelanjutan. Lado et al (1992:81) menyatakan bahwa keunggulan bersaing berkelanjutan dapat diraih dengan peningkatan kinerja pemasaran. Sementara itu kinerja pemasaran dapat dipengaruhi oleh integrasi strategis (Johnson, 1999:7) dan orientasi pasar (Baker, at al, 1999:50). Sedangkan penerapan orientasi pasar bagi perusahaan akan berdampak positif pula terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan (Never dan Slater, dalam Ferdinand, 1999:111). Permasalahan yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana pengaruh integrasi strategis dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran dan keunggulan bersaing berkelanjutan. Untuk menjawab pertanyaan penelitian ini, dikembangkan empat hipotesis yang akan diuji. Data berasal dari 115 distributor kendaraan Yamaha di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta diolah menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) program AMOS 4.0. Dad penelitian yang dilakukan pada para distributor tersebut diperoleh hasil bahwa kinerja pemasaran dipengaruhi secara signifikan oleh integrasi strategis, orientasi, pasar berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran, orientasi pasar berpengaruh secara signifikan terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan, kinerja pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan. Akhir dari penelitian ini juga menghubungkan antara hasil penelitian dengan implikasi teoritis dan manajerial. Adapun dalam implikasi manajerial dinyatakan bahwa pihak manajemen Yamaha dapat melakukan usaha¬usaha yang sekiranya dapat membangun keunggulan bersaing berkelanjutan melalui peningkatan kinerja pemasaran, orientasi pasar dan integrasi strategis. Keterbatasan penelitian dan agenda penelitian mendatang dapat dijadikan referensi bagi peneliti selanjutnya.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:11027
Deposited By:Ms upt perpus3
Deposited On:20 May 2010 11:45
Last Modified:24 May 2010 16:20

Repository Staff Only: item control page