Pratista Nugrahani, Udyaksa (2010) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP TUGAS AKADEMIK DAN ATRAKSI INTERPERSONAL SISWA TERHADAP GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA PROGRAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SMA NEGERI 7 PURWOREJO). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
| PDF 137Kb |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap tugas akademik dan atraksi interpersonal siswa terhadap guru dengan motivasi belajar pada siswa program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMA Negeri 7 Purworejo. Hipotesis penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan yang positif antara persepsi terhadap tugas akademik dengan motivasi belajar pada siswa program RSBI, (2) terdapat hubungan yang positif antara atraksi interpersonal siswa terhadap guru dengan motivasi belajar pada siswa program RSBI, (3) terdapat hubungan yang positif antara persepsi terhadap tugas akademik dan atraksi interpersonal siswa terhadap guru dengan motivasi belajar pada siswa program RSBI. Semakin tinggi persepsi terhadap tugas akademik dan atraksi interpersonal siswa terhadap guru maka semakin tinggi motivasi belajar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X, XI, dan XII program RSBI SMA Negeri 7 Purworejo, dengan sampel penelitian sebanyak 193 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga alat ukur, yaitu Skala Motivasi Belajar (33 aitem valid, rix=0,306-0,619, α=0,912), Skala Persepsi terhadap Tugas Akademik (31 aitem valid, rix=0,332-0,599, α=0,909), dan Skala Atraksi Interpersonal Siswa terhadap Guru (33 aitem valid, rix=0,339-0,673, α=0,921). Analisis data dilakukan dengan teknik analisis regresi ganda. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil sebagai berikut (1) terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara persepsi terhadap tugas akademik dengan motivasi belajar (rxy=0,621, dengan p=0,000 (p<0,01), dan sumbangan efektif sebesar 38,6%), (2) terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara atraksi interpersonal siswa terhadap guru dengan motivasi belajar (rxy=0,613, dengan p=0,000 (p<0,01), dan sumbangan efektif sebesar 37,5%), (3) terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara persepsi terhadap tugas akademik dan atraksi interpersonal siswa terhadap guru dengan motivasi belajar (rxy=0,693, dengan p=0,000 (p<0,01), dan sumbangan efektif sebesar 48%). Kata kunci: Persepsi terhadap Tugas Akademik, Atraksi Interpersonal Siswa terhadap Guru, Motivasi Belajar, Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
ID Code: | 10934 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 19 May 2010 14:25 |
Last Modified: | 19 May 2010 14:25 |
Repository Staff Only: item control page