HUBUNGAN PENGELUARAN PANGAN, SKOR POLA PANGAN HARAPAN (PPH) DAN TINGKAT KONSUMSI ENERGI-PROTEIN DENGAN STATUS GIZI BALITA UMUR 2-4 TAHUN PADA KELUARGA DI DESA TERPENCIL (STUDI KASUS DI DESA RENAH PEMETIK KECAMATAN GUNUNG KERINCI-KAB.KERINCI PROPINSI JAMBI)

ASPARIAN , ASPARIAN (2003) HUBUNGAN PENGELUARAN PANGAN, SKOR POLA PANGAN HARAPAN (PPH) DAN TINGKAT KONSUMSI ENERGI-PROTEIN DENGAN STATUS GIZI BALITA UMUR 2-4 TAHUN PADA KELUARGA DI DESA TERPENCIL (STUDI KASUS DI DESA RENAH PEMETIK KECAMATAN GUNUNG KERINCI-KAB.KERINCI PROPINSI JAMBI). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Ketahanan pangan dapat dilihat dari akses keluarga terhadap pangan baik secara fisik maupun ekonomi dan cukup dalam jumlah maupun mutu. Sebagai para meter pengukuran adalah status gizi kelompok rawan diantaranya yaitu status gizi balita. Tujuan penelitian secara umum adalah untuk mengetahui hubungan pengeluaran pangan, skor pola pangan harapan (PPH) dan tingkat konsumsi energi-protein dengan status gizi balita umur 2-4 tahun pada keluarga di Desa Renah Pemetik Kecamatan Gunung Kerinci. Secara khusus penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, menganalisa dan mengukur variabel-variabel penelitian yang terdiri dari pengeluaran pangan, skor PPH keluarga, tingkat konsumsi energi-protein keluarga dan status gizi balita umur 2-4 tahun. Jenis penelitian adalah explanatory researce dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh keluarga dengan balita umur 2-4 tahun. Sampel adalah balita terkecil dalam keluarga umur 2-4 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan dua tahap, tahap pertama pengumpulan data sekunder dan tahap kedua pengumpulan data primer. Hasil penelitian menemukan hubungan yang sangat bermakna antara skor PPH keluarga dengan status gizi balita umur 2-4 tahun indeks TB/U, tingkat konsumsi protein keluarga dengan status gizi balita umur 2-4 tahun indeks TB/U. Hubungan bermakna antara pengeluaran pangan dengan konsumsi energi keluarga, tingkat konsumsi energi keluarga dengan status gizi balita umur 2-4 tahun indeks BB/U. Tidak ada hubungan pengeluaran pangan dengan skor PPH keluarga. Disarankan untuk terus menerus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di daerah terpencil dalam usaha diversifikasi konsumsi pangan. Kata Kunci: Ketahanan Pangan, PPH, Status Gizi, Desa Terpencil.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:10815
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:18 May 2010 11:38
Last Modified:18 May 2010 11:38

Repository Staff Only: item control page