ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING PADA PENAWARAN SAHAM PERDANA (IPO) (Studi Pada Perusahaan Go Publik Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Tahun 1999-2003)

Ariawati , Siti (2005) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING PADA PENAWARAN SAHAM PERDANA (IPO) (Studi Pada Perusahaan Go Publik Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Tahun 1999-2003). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2756Kb

Abstract

Several researchs and empirical evidence shows that underpricing phenomenon were a common phenomenon and frequently found in both developed market and emerging market. Neverthelles those researchs tend to generate different conclusion about factors which may affected underpricing. In This study, factors such as company size (SIZE), delayed listing lime (DELAY), underwriter reputation (UWQ), market condition (MARKET), rentability (ROI), and financial leverage (LEVERAGE) will studied its impact toward underpricing. Data in this study were obtained from company prospectuses, Indonesian Capital Market Directory, Bisnis Indonesia Daily Newspaper, and BAPEPAM Sampel had been taken by using purposive sampling method with two criterions such as conducted IPO during period 1999 — 2003 and underpriced. By those criterions, 71 companies were obtained as samples. Multiple regression used as data analysis technique. The finding shows there are not all of variables studied have significant impact toward underpricing partially. Variables those have significant impact toward underpricing were company size (LnSIZE), underwriter reputation (UWQ) and financial leverage (LEVERAGE). Company size (SIZE) and underwriter reputation (UWQ) have negative and significant impact toward underpricing, meanwhile financial leverage (LEVERAGE) have positive and significant impact toward underpricing. Other variables such as delayed listing time (DELAY), market condition (MARKET) and rentability (ROI) do not have a significant impact toward underpricing but those variables have sign of regression coefficient as expected. Simultaneously all independent variable have significant impact toward underpricing. Berbagai penelitian dan bukti empiris menunjuldcan bahwa fenomena underpricing merupakan fenomena yang senantiasa terjadi dan seringkali dijumpai baik pada pasar modal yang sudah maju maupun pasar modal yang sedang berkembang. Namun penelitian-penelitian yang telah dilakukan tersebut masih menghasilkan kesimpulan yang berbeda-beda mengenai • faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tingkat underpricing. Pada penelitian ini, faktor-faktor seperti besaran perusahaan (SIZE), waktu listing (DELAY), reputasi penjarnin 11 emisi (UWQ), kondisi pasar (MARKET), rentabilitas (ROI) dan financial leverage (LEVERAGE) akan diteliti pengaruhnya terhadap tingkat underpricing. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini merupakan data selcunder yang diperoleh dari prospektus perusahaan, Indonesian Capital Market Directory, Harian Bisnis Indonesia dan BAPEPAM. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan purposive sampling dengan kriteria melakukan IPO pada periode tahun 1999 hingga 2003 dan mengalami underpricing. Berdasarkan kedua kriteria tersebut maka sebanyak 71 perusahaan terpilih sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah bahwa tidak semua variabel bebas yang diteliti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat underpricing secara parsial. Variabel yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat underpricing adalah besaran perusahaan (LnSIZE), reputasi penjamin emisi (UWQ) dan financial leverage (LEVERAGE). Variabel bebas besaran perusahaan (SIZE) dan reputasi penjarnin emisi (UWQ) memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap tingkat underpricing sedangkan variabel financial leverage (LEVERAGE) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap tingkat underpricing. Variabel waktu listing (DELAY), kondisi pasar (MARKET) dan rentabilitas (ROI) tidak merniliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat underpricing. Secara bersama-sama seluruh variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat underpricing.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:10808
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:18 May 2010 11:23
Last Modified:18 May 2010 11:23

Repository Staff Only: item control page