PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA STATUS GIZI LEBIH DENGAN SISWA STATUS GIZI BAIK (Studi pada Siswa SD Islam Sultan Agung 1.3 Semarang

ASTUTI, EMY YUNI (2004) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA STATUS GIZI LEBIH DENGAN SISWA STATUS GIZI BAIK (Studi pada Siswa SD Islam Sultan Agung 1.3 Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
18Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Gizi lebih pada anak di Indonesia saat ini menjadi masalah yang sangat penting, deteksi dini terhadap anak dengan gizi lebih sangat berguna untuk mempercepat pencegahan dampak negatif akibat gizi lebih yaitu tingkat kesehatan yang lebih rendah, daya tahan tubuh menurun, kapasitas dan efisiensi kerja menurun, sehingga anak dengan gizi lebih bahkan sampai obesitas akan terganggu dalam mengikuti pelajaran, semangat beljar menurun, sehingga akan berpengaruh terhadap prestasi belajar yaitu kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa status gizi lebih dan siswa status gizi baik. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Sultan Agung 1.3 Semarang pada bulan Mei – Juli 2004. Jenis penelitia ini termasukExplanatory Researchdengan disainCross Sectional serta menggunakan metode survei. Populasi penelitian adalah siswa SD Islam Sultan Agung 1.3 Semarang yang berjumlah 255 anak sedangkan sampel sebesar 74 anak diambil secara Non Random Sampling dengan tehnik Purposive Sampling, gizi lebih diambil semua menjadi sampel sebanyak 37 siswa, gizi baik dengan Cluster Random Samplingsebanyak 37 siswa, prestasi belajar diambil dari nilai rata – rata semester I dan II. Analisi data berupa analisis diskriptif dan analisis analitik menggunakan uji t dengan sebelumnya menormalkan data rata – rata nilai siswa status gizi lebih dan gizi baik dengan uji Kolmogorov Smirnov. Hasil penelitian diperoleh rata – rata nilai dari siswa status gizi lebih 7.26 ± 1,00 dan status gizi baik 7,11 ± 0,75, jumlah siswa status gizi lebih dengan prestasi baik 23 siswa, prestasi kurang 8 siswa, prestasi buruk 5 siswa, jumlah siswa status gizi baik dengan prestasi baik 23 siswa,prestasi kurang 12 siswa, prestasi buruk 3 siswa. Hasil uji statistik menunjukkkan tidak ada perbedaan antara prestasi balajar siswa status gizi lebih dan siswa status gizi baik ( p = 0,490 ). Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian terhadap faktor –faktor lain yang berpengaruh terhadap prestasi belajar atau menggunakan pemeriksaan antropometri yang lain. Kata Kunci: prestasi belajar, gizi lebih, gizi baik THE DIFFERENCE OF STUDY ACHIEVEMENT BETWEEN OVER NUTRITION AND NORMAL NUTRITION ( Study on Students in Islamic Elementary School of Sultan Agung 1.3 Semarang ) Over nutrition in children in Indonesia has racently become a very imortant problem, an early detection to the childrenwith normal nutrition will be usefull toaccelerate the prevention of negative effect due to over nutrition , namely a lower health level, body stat\mina declines,capacity and work efficiency decrease, so that children with over nutritioneven to obese or overweight will be disturbed in following the lesson,their spirit to study will decrease, then this will have effect to their study achievement, namely less satisfying. The research was aimed to know the difference of study achievement between student of over nutrition and student of normal nutrition. The research was conducted in elementary islamic of Sultan Agung 1.3 Semarang in May – July 2004.This research is an Explanatory Researchwith Surveymethods and Cross Sectional Approach, sample takeng by Non Random Samplingwith Purposive Samplingtechnique, a over nuttrition was entirely taken into sampleof 37 children,a normal nutrition with Cluster Random Samplingwas in the amount of 37 children, a study achievement was taken from mean value in first and second semester. From the research of research, it is obtained that mark overage from student with over nutrition is 7,26 ± 1,00 and normal nutrition status is 7,11 ± 0,75, the amount of students with normal achievement is 46 children, less achievement 19 childre, and bad achievement is 7 children. An analysing using t – test obtained the result of probability value 0,490, it means thatthere is no differencce between students of over nutrition and normal nutrition. For the continue research examine factors affecting sudy achivement mark which is less or bad. Keyword: study achievement, over nutrition, normal nutrition

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:10709
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 May 2010 15:00
Last Modified:17 May 2010 15:00

Repository Staff Only: item control page