Perbedaan Lama Waktu Pemulihan Peristaltik Usus Pada Pasien Bedah Dengan Anestesi Umum Yang Dilakukan Ambulasi Dini ROM Aktif Dan Pasif Di Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang

Windiarto, Novi (2010) Perbedaan Lama Waktu Pemulihan Peristaltik Usus Pada Pasien Bedah Dengan Anestesi Umum Yang Dilakukan Ambulasi Dini ROM Aktif Dan Pasif Di Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
133Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Mual dan mntah pasca operasi atau Post Operative Nausea and Vomiting (PONV) adalah keluhan yang paling sering terjadi selama masa pemulihan kesadaran pasien setelah operasi di ruang pemulihan. Seorang pasien yang belum pulih peristaltik ususnya setelah pembiusan dapat menderita ileus / obstruksi usus bila dalam waktu tersebut diberi asupan nutrisi. Oleh karena itu peneliti berkeinginan untuk melakukan penelitian “Perbedaan Lama Waktu Pemulihan Peristaltik Usus Pada Pasien Bedah Dengan Anestesi Umum Yang Dilakukan Ambulasi Dini ROM Aktif Dan Pasif”. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan waktu pemulihan peristaltik usus pada pasien pasca operasi abdomen dengan anestesi umum yang diberikan ambulasi dini ROM aktif dan pasif. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen Semu (Quasi-Experiment), dengan rancangan penelitian adalah The One Group Pre Test-Post-Test Design.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10683
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:17 May 2010 08:48
Last Modified:17 May 2010 08:48

Repository Staff Only: item control page