EFEKTIVITAS PELATIHAN EFIKASI DIRI TERHADAP INTENSI MASTURBASI PADA REMAJA (Studi Eksperimental di SMA Negeri 15 Semarang)

Apriyani, Heni and Siswati, Siswati and Sari Dewi, Kartika (2009) EFEKTIVITAS PELATIHAN EFIKASI DIRI TERHADAP INTENSI MASTURBASI PADA REMAJA (Studi Eksperimental di SMA Negeri 15 Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
1449Kb

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pelatihan efikasi diri dalam rangka menurunkan intensi masturbasi pada remaja. Penelitian ini dilakukan pada 12 siswa pria yang memiliki karakteristik usia 15-18 tahun (remaja madya), berjenis kelamin laki-laki, belum pernah mengikuti pelatihan efikasi diri sebelumnya, memiliki tingkat efikasi diri yang rendah dan intensi masturbasi tinggi dan sangat tinggi. Siswa dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hipotesis yang dijukan adalah (1) Ada perbedaan intensi masturbasi pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan berupa pelatihan efikasi diri, (2) Ada perbedaan antara intensi masturbasi pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan desain Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa metode yaitu, observasi, wawancara, angket, skala efikasi diri dan intensi masturbasi, lembar tugas rumah dan dokumentasi. Hasil uji statistik dengan menggunakan Wilcoxon Signed-Rank Test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada kelompok eksperimen antara sebelum dan sesudah pemberian pelatihan efikasi diri. Terdapat perbedaan mean = 37.5, nilai Asymp Sig (1-tailed) (0.014) < (0.05). Hal tersebut menunjukkan bahwa pelatihan efikasi diri efektif dalam menurunkan intensi masturbasi pada remaja. Hasil uji analisis dengan uji 2 Sampel Independen Kolmogorov-Smirnov didapatkan nilai Asymp Sig (1-tailed) (0.0025) < (0.05). Hal ini menunjukkan bahwa remaja yang mengikuti pelatihan efikasi diri lebih rendah tingkat intensi masturbasinya daripada remaja yang tidak mengikuti pelatihan efikasi diri.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:10673
Deposited By:Soetarto
Deposited On:14 May 2010 13:37
Last Modified:14 May 2010 13:37

Repository Staff Only: item control page