PENGARUH PEMBACAAN BERSAMA (SHARED READING) TERHADAP DOMAIN INSIDE-OUT DALAM LITERASI EMERGEN (Studi Eksperimental terhadap Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Ar-Rohmah Ambarawa)

Kusumaningtyas, Adisti (2007) PENGARUH PEMBACAAN BERSAMA (SHARED READING) TERHADAP DOMAIN INSIDE-OUT DALAM LITERASI EMERGEN (Studi Eksperimental terhadap Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Ar-Rohmah Ambarawa). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
3521Kb

Abstract

ABSTRAK Kemampuan menulis dan membaca pada tahapan yang paling awal atau literasi emergen memiliki peranan penting dalam kehidupan seorang anak, terutama untuk kesuksesan akademisnya. Kemampuan membaca tahapan yang lebih tinggi dapat dikuasai dengan baik bila ketrampilan dasar pembangunnya seperti kesadaran akan bunyi, dan pengenalan abjad yang merupakan domain inside-out dari literasi emergen telah terbangun dengan kuat pada masa prasekolah. Pembacaan bersama di Amerika Serikat telah terbukti dapat meningkatkan beberapa komponen literasi emergen. Pada penelitian ini akan dilihat apakah aktivitas pembacaan bersama memiliki pengaruh terhadap domain inside-out literasi emergen anak prasekolah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Pretest-Postest Control Group Design. Alat pengumpul data adalah alat tes domain inside-out. Berdasarkan hasil dari pengukuran terhadap IQ di PAUD Ar-Rohmah, dilakukan matching terhadap 18 subjek secara random ke dalam dua kelompok, eksperimen dan kontrol. Perlakuan pembacaan bersama dilakukan selama 2 minggu dengan menggunakan buku berukuran 27,2 x 42 cm (A3), dengan font 42, dan memiliki konsep buku cerita berima. Pada akhir sesi pembacaan bersama diberikan pelatihan untuk meningkatkan kepekaan terhadap bunyi. Metode analisis data yang digunakan Mann-Whitney Test dan Wilcoxon test. Hasil penelitian ialah bahwa pada kelompok eksperimen terdapat peningkatan skor domain inside-out literasi emergen setelah perlakuan sebesar 3,22 dengan p = 0,017, sedangkan pada kelompok kontrol mengalami peningkatan namun tidak signifikan dengan p = 0,732. Walaupun terdapat peningkatan pada kelompok eksperimen namun pengolahan hasil post-test pada kelompok eksperimen dan kontrol tidak menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan untuk menunjukkan adanya pengaruh pembacaan bersama terhadap domain inside-out dari literasi emergen pada anak usia prasekolah p = 0,91 ( p > 0.05).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:10666
Deposited By:Soetarto
Deposited On:14 May 2010 13:22
Last Modified:14 May 2010 13:22

Repository Staff Only: item control page