ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH DALAM USAHA MENGEMBANGKAN INDUSTRI PARIWISATA DI KABUPATEN TEGAL

MURDIATI, SRI (2003) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH DALAM USAHA MENGEMBANGKAN INDUSTRI PARIWISATA DI KABUPATEN TEGAL. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2429Kb

Abstract

This research was conducted in the regency of Tegal, Central Java. The data used were primary and secondary ones. The primary data were used to analyze the influence of measurement factors of service, prices, promotion and product diversification on the interest to buy tourism spots in the regency of Tegal. Number of respondents was one hundred person. There were to kinds of the secondary data, i.e., the data about internal and external tourism strategies and the data about the income of tourism sector during 1996/1997 —2001. The aims of the research were: 1) to analyze tourism condition in Tegal regency; 2) to analyze the influence of sevices, prices, promotion and product diversification towards the interest to buy tourism spots in Tegal regency and 3) to analyze some sectors in the industry of tourism which belong to basic sectors. By Manipulating the SWOT analysis, it indicated that the total score of the internal factor of tourism condition in the regency of Tegal was 2,3, while of the external one was 2,89; thus it was in the position of the prowth through horizontal integration. Further result of this research was that of the interest to buy tourism spots in the regency of Tegal, 97% was influented by the factor of services, prices, promotion and product diversification and that all the independent variables influenced significantly toward the interest to buy tourism spots whith confident interval 5%. This research also indicated that the retribution in places of recreation and sports was the basic sector with the LQ value above 1. This research concluded that the tourism in the regency Tegal was still facing some problems, i.e., lack of cooperation between the local government and private institutions, lack of human resourcer which meet tourism qualification, and laet of promotion. Some recommendations to be contidered in this research among others were the need to increase cooperation between the local government and private institutions and to increase promoting tourism in the regency of Tegal Penelitian ini dilakukan di wilayah Kabupaten Tegal Propinsi Jawa Tengah. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer dimaksudkan untuk menganalisis pengaruh dari faktor penilaian tentang pelayanan harga, promosi dan diversivilcasi produk terhadap minat membeli obyek wisata di Kabupaten Tegal, dengan jumlah responden 100. Data sekunder dalam penelitian ini ada 2 macam yaitu data tentang faktor strategi internal dan strategi ekstemal kepariwisataan di Kabupaten Tegal dan data tentang jenis pendapatan sektor pariwisata periode 1996/1997 — 2001 Kabupaten Tegal dan Jawa Tengah sebagai pembanding. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis kondisi kepariwisataan di Kabupaten Tegal, menganalisis pengaruh faktor-faktor yang penilaian pelayanan, harga, promosi dan diversifikasi produk terhadap minat membeli jasa Pariwisata di Kabupaten Tegal serta menganalisis sektor-sektor dalam industri pariwisata yang menjadi sektor basis. Hasil analisis menunjukan bahwa kondisi kepariwisataan di Kabupaten Tegal setelah dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT menghnsilkan total skor faktor internal sebesar 2,3 dan total skor faktor ekstemal 2,89, sehingga berada pada posisi pertumbuhan melalui integrasi horisontal, karena total skor faktor internal dan ekstemal berada pada daerah rata-rata. Hasil penelitian selanjutnya ialah bahwa minat membeli jasa obyek wisata di Kabupaten Tegal, 97% karena pengaruh faktor pelayanan, harga, promosi dan diversifikasi produk dan semua variabel dependen signifikan berpengaruh dengan taraf kesalahan a = 5%. Hasil penelitian selanjutnya menunjukan bahwa retribusi tempat rekreasi dan olah raga merupakan sektot basis dengan nilai LQ di atas 1. Dari Hasil penelitian dapat ditanik beberapa kesimpulan, pertama bahwa kepariwisataan di Kabupaten Tegal masih dihadapkan pada permasalahan kurangnya promosi secara terpadu dan kurangnya kerjasa antara pihak pemerintah daerah dengan Swasta. Kesimpulan kedua adalah bahwa faktor pelayanan temyata memberikan pengaruh yang paling besar terhadap minat membeli jasa obyek wisata di Kabupaten TegaL Kesimpulan ketiga adalah retribusi tempat rekreasi dan olah raga merupalcan sektor basis karena dari hasil analisis dengan menggunakan analisis LQ nilainya > 1. Beberapa saran yang diberlican dalam penelitian ini antara lain: pertama, perlu meningkatkan kerjasama antara pihalc pemerintah daerah dengan swasta dan meningkatkan promosi secara terpadu tentang obyek wisata di Kabupaten Tegal. Kedua, lebilt meningkatkan mutu pelayanan terhadap pengunjung obyek wisata karena faktor tersebut memberikan pengaruh yang paling besar terhadap minat membeli jasa obyek wisata di Kabupaten Tegal. Ketiga, Pemerintah Kabupaten Tegal dapat meningkatkan pendapatan sektor pariwisata melalui retribusi tempat rekreasi dan olah raga, karena mempunyai keunggulan komparatif dengan nilai LQ >1

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Economics and Development Studies
ID Code:10663
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:14 May 2010 12:56
Last Modified:14 May 2010 12:56

Repository Staff Only: item control page