HUBUNGAN ANTARA BUDAYA PERUSAHAAN DENGAN KREATIVITAS PADA KARYAWAN TVRI JOGJA

Sinta Muthmainah, Ainin (2007) HUBUNGAN ANTARA BUDAYA PERUSAHAAN DENGAN KREATIVITAS PADA KARYAWAN TVRI JOGJA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
1533Kb

Abstract

ABSTRAK Media televisi merupakan media yang tidak asing lagi bagi semua orang bahkan televisi menjadi candu baru bagi masyarakat saat ini. TVRI mulai berdiri sejak tahun 1962 terus berkembang hingga saat ini. TVRI Jogja sebagai salah satu televisi regional di Indonesia meruapakan televisi terbaik di Indonesia dengan rating 4,9 menurut AC Nielson pada April 2006. Selain itu berbagai penghargaan telah diraih TVRI Jogja sejak berdirinya pada tahun 1965. Hal ini tentu diperlukan suatu kreativitas dari karyawannya agar TVRI Jogja untuk memproduksi acara yang menarik namun tetap mendidik. Pada sebuah media massa yang memiliki karakteristik komunikatornya sebagai collective communication maka sebuah produksi acara dikerjakan bersama-sama. Karena itu, TVRI Jogja sebagai salah satu media massa harus memiliki budaya perusahaan yang kuat agar lingkungan menjadi lahan subur bagi pertumbuhan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara budaya perusahaan dengan kreativitas pada karyawan TVRI Jogja. Populasi dalam penelitian adalah karyawan bidang program, berita, dan teknik ini sebanyak 92 karyawan dengan sampel penelitian sebanyak 74 dengan menggunakan teknik sampling proporpionate random. Metode pengumpulan data dengan menggunakan Skala Budaya Perusahaan yang terdiri dari 31 aitem valid (a=0,850) dan Skala Kreativitas dengan 25 aitem valid (a=0,834). Analisis data dengan menggunakan analisis regresi sederhana menunjukkan korelasi rxy = 0,540 dengan tingkat signifikansi korelasi sebesar p = 0,000 (p<0,05). Tanda positif pada angka 0,540 mengindikasikan arah hubungan yang positif, yaitu semakin kuat budaya perusahaan maka kreativitas semakin tinggi, dan sebaliknya semakin lemah budaya perusahaan maka kreativitasnya akan semakin rendah. Sumbangan efektif budaya perusahaan pada kreativitas pada karyawan TVRI Jogja sebesar 29,2%, sedangkan sisanya sebesar 70,8 % ditentukan oleh faktor lainnya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:10648
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 May 2010 11:17
Last Modified:14 May 2010 11:17

Repository Staff Only: item control page