ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRICE EARNING RATIO SARAN PERUSAHAAN INDUSTRI BARANG-BARANG KONSUMSI PADA BURSA EFEK JAKARTA

SARDJANANTO , SARDJANANTO (2002) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRICE EARNING RATIO SARAN PERUSAHAAN INDUSTRI BARANG-BARANG KONSUMSI PADA BURSA EFEK JAKARTA. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1652Kb

Abstract

Price Earning Ratio merupakan indikator dari pertumbuhan perusahaan, oleh karena itu investor dalam melakukan investasi pada sebuah perusahaan yang telah go public membutuhkan informasi mengenai price earning ratio, dimana informasi tersebut dapat mengurangi ketidakpastian yang terjadi sehingga keputusan yang diambil diharapkan akan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Perrnasalahan utama dalam penelitian ini adalah apakah variable dividend payout ratio, return on equity dan net assets per share mempengaruhi price earning ratio baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Sedangkan tujuan dari penulisan ini adalah mendapatkan bukti empiris pengaruh variabel dividend payout ratio, return on equity dan net assets per share terhadap besar price earning ratio. Penelitian ini mencoba untuk mengembangkan penelitian tentang price earning ratio yang pernah dilakukan sebelumnya. Data yang dibutuhkan berupa data sekunder yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory tahun 2000 dan 2001. fumlah sample adalah 37 perusahaan industri barang-barang konsumsi. Regresi linier berganda digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan dengan uji t dan uji F. Selain itu jugs dilakukan pengujian terhadap asumsi klasik yang meliputi uji normalitas data, multikolinieritas, auto korelasi dan heteroskedastisitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa varibel-variabel dividend pyout ratio, return on equity dan net assets per share berpengaruh terhadap price earning ratio pada industri barang-barang konsumsi. Dan variabel dividend payout ratio adalah variable yang sangat berpengaruh. Price Earning Ratio is indicate firm's growth, therefore investor to investing in go public firms is needed information about price earning ratio, where that information can decrease the uncertainty, so decision that has been made will achieve the purpose. The main issue of this study will dividend payout ratio, return on equity and net assets per share variable's effect on price earning ratio on partial or simultaneous. The purpose from this study is to get empirical evidence effect dividend payout ratio, return on equity and net assets per share variable's on price earning ratio. This study tries to developing study about price earning ratio which ever do before. Data needed is secondary data from Indonesian Capital Market Directory 2000 and 2001. Number of sample of this study are 37 firms. Multi linier regression is used to measured hypothesis with t test and F test. Other examination is on class assumptions which consist of data normality, multicollinearity, auto correlation and heteroscedasticity. The result of this study showed that dividend payout ratio, return on equity and net assets per share variable's are influence each other to price earning ratio on consumers goods industries . And dividend payout ratio variable is very influence to price earning ratio.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:10647
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:14 May 2010 11:13
Last Modified:14 May 2010 11:13

Repository Staff Only: item control page