HUBUNGAN PERSEPSI KARYAWAN TERHADAP BUDAYA THE TELKOM WAY 135 DENGAN KOMITMEN TERHADAP PERUSAHAAN PT TELKOM DIVRE IV KANDATEL SEMARANG

Riana Dewi, Mellisa (2006) HUBUNGAN PERSEPSI KARYAWAN TERHADAP BUDAYA THE TELKOM WAY 135 DENGAN KOMITMEN TERHADAP PERUSAHAAN PT TELKOM DIVRE IV KANDATEL SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
93Kb

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di kantor PT.Telkom Divre IV Kandatel Semarang dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 60 orang, jumlah tersebut diperoleh menggunakan rumus dari Yamane (dalam Supramono, 2005, h.30). Metode pengumpulan data menggunakan dua skala psikologi, yaitu Skala Komitmen terhadap Perusahaan yang disusun berdasarkan indikator perilaku yang terdapat dalam standar Etika Kerja PT Telkom yang mengacu pada aspek-aspek komitmen terhadap perusahaan yang diungkap oleh Porter (dalam Wutun, 2001, h.455), dan Skala persepsi terhadap budaya perusahaan disusun berdasarkan gabungan aspek-aspek persepsi (Walgito, 1996, h.50) yaitu aspek kognitif, afeksi, dan konasi dengan tiga konsep budaya perusahaan The Telkom Way 135. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan koefisien korelasi rxy= 0,650 dengan p = 0,000 (p<0,05). Hasil ini menunjukkan adanya hubungan positif antara persepsi terhadap budaya The Telkom Way 135 dengan komitmen terhadap perusahaan. Bila budaya TTW 135 dipersepsikan positif, maka komitmen karyawan terhadap perusahaan tinggi. Persepsi terhadap budaya The Telkom Way 135 memberikan sumbangan efektif sebesar 42,3% terhadap komitmen karyawan terhadap perusahaan, dan 57,7 % sisanya ditentukan oleh faktor-faktor lain. Persepsi positif terhadap budaya perusahaan The Telkom Way 135 di PT.Telkom Divre IV Kandatel Semarang memiliki arti bahwa norma-norma dan sistem nilai perusahaan yang tercantum dalam budaya The Telkom Way 135 dipandang secara baik dan positif sehingga dianut dan ditaati oleh karyawan. Karyawan Telkom Kandatel Semarang menerima keterikatannya pada norma-norma dan sistem nilai perusahaan yang berlaku sehingga berupaya untuk mengimplementasikannya di dalam perilaku kerja sehari-hari, dan memiliki komitmen yang tinggi terhadap keberhasilan penerapan sistem nilai tersebut. Budaya perusahaan The Telkom Way 135 sangat mempengaruhi karyawan Telkom Kandatel Semarang, budaya tersebut adalah sarana dalam perusahaan yang digunakan untuk mencapai kerja yang terarah, sehingga karyawan mengetahui apa yang seharusnya dilakukan dan ikut terlibat dalam aktivitas perusahaan. Hal tersebut kemudian memunculkan sikap komitmen terhadap perusahaan, karena psikologis karyawan juga berhubungan dengan perusahaan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:10646
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 May 2010 11:05
Last Modified:14 May 2010 11:05

Repository Staff Only: item control page