HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN INTENSI MENYONTEK PADA SISWA SMA NEGERI 2 SEMARANG

Setyani, Uni (2007) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN INTENSI MENYONTEK PADA SISWA SMA NEGERI 2 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
2809Kb

Abstract

ABSTRAK Sekolah merupakan lingkungan pendidikan sekunder bagi remaja setelah lingkungan keluarga. Bagi seorang siswa dunianya adalah sekolah, dan tugastugas siswa yang utama adalah tugas sekolah. Gambaran dan penilaian siswa tentang keadaan diri sendiri pada saat sekarang dan keinginan di masa mendatang akan mempengaruhi cara siswa melaksanakan tugas-tugas sekolah. Konsep diri meliputi penilaian siswa terhadap kemampuan dan ketidakmampuan diri yang akan mempengaruhi perilaku siswa dan berperan dalam menentukan cara yang dilakukan siswa dalam usaha meraih prestasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan intensi menyontek pada siswa SMA Negeri 2 Semarang. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan Skala Intensi Menyontek dan Skala Konsep Diri yang disebarkan kepada 245 subjek penelitian. Skala Intensi Menyontek terdiri dari 37 aitem dengan a = 0,939, dan Skala Konsep Diri terdiri dari 27 aitem dengan a = 0,888. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui hubungan positif antara konsep diri dengan intensi menyontek adalah uji statistik parametrik teknik analisis regresi sederhana. Hasil analisis tersebut menunjukkan adanya hubungan negatif dan sangat signifikan antara konsep diri dengan intensi menyontek yang ditunjukkan oleh angka korelasi rxy = - 0,464 dengan p = 0,000 (p<0,05), sehingga hipotesis yang menyatakan ada hubungan negatif antara konsep diri dengan intensi menyontek pada siswa SMA Negeri 2 Semarang dapat diterima. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara konsep diri dengan intensi menyontek pada siswa SMA Negeri 2 Semarang. Hubungan antara kedua variabel tersebut berarti bahwa semakin positif konsep diri maka semakin rendah intensi menyontek, sebaliknya semakin negatif konsep diri akan semakin tinggi intensi menyontek. Hasil tersebut memberi informasi bagi siswa untuk meningkatkan konsep diri, sehingga dapat mengurangi intensi menyontek. Dari penelitian ini didapatkan sumbangan efektif konsep diri terhadap intensi menyontek sebesar 21,5 %.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:10644
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 May 2010 10:57
Last Modified:14 May 2010 10:57

Repository Staff Only: item control page